15 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Besok Kota Medan Diperkirakan Hujan Sejak Sore Hingga Malam Hari, ini Imbauan BMKG

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprediksi Kota Medan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan–sedang sejak sore hingga malam hari besok, Senin (28/8/23).

“Untuk besok hari, Kota Medan diperkirakan hujan dengan intensitas ringan-sedang sore hingga malam hari,” ujar Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah, saat dikonfirmasi Mistar via seluler, Minggu (27/8/23).

Kondisi hujan tersebut, kata Utami, disebabkan oleh adanya konvergensi atau pertemuan angin dan belokan angin di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Baca juga : Kota Medan Masuki Musim Hujan, BMKG Imbau Masyarakat untuk Tetap Waspada

“Untuk saat ini, kondisi cuaca dipengaruhi oleh adanya konvergensi atau pertemuan angin dan belokan angin di wilayah Sumut yang menyebabkan pertumbuhan awan awan hujan di sebagian besar wilayah Sumut,” katanya.

Selain itu, sambung Utami, kondisi udara atas cukup labil atau jenuh yang mendukung intensitas pertumbuhan awan hujan.

“Waspada hujan sedang hingga lebat di pegunungan, lereng timur, lereng barat, dan pantai barat yang dapat berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor,” ucapnya.

Baca juga : BMKG Sebut Medan Sudah Masuk Musim Penghujan

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan kondisi cuaca yang dapat mengakibatkan bencana alam tersebut.

“Imbauannya kepada masyarakat, tetap waspada terhadap potensi terjadi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang yang dapat menyebabkan banjir, longsor, dan bencana hidrometeorologi lainnya,” imbau Utami. (deddy/hm18)

Related Articles

Latest Articles