19.1 C
New York
Thursday, August 8, 2024

Beranjak dari Pembatasan Aktivitas Selama Pandemi, Pemuda ini Sukses Usaha Laundry Sepatu

Medan, MISTAR.ID

Beranjak dari pembatasan kegiatan ketika pandemi covid-19 tahun 2020, Dirgan Ritonga (25) memberanikan diri membuka usaha laundry sepatu.

Ia membuka usaha tersebut di rumahnya di kawasan Jalan Setia Budi Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan. Kini, setelah merintis selama kurang lebih empat tahun, Dirgan akhirnya menuai hasil yang cukup memuaskan.

Selain akibat pembatasan aktivitas masa pandemi, Dirgan memulai usaha ini juga karena dorongan dari teman-temannya yang membutuhkan layanan mencuci sepatu.

Baca juga : Cerita Arby yang Sukses Jadi Pengusaha Rental Mobil 

“Saat itu, seluruh aktivitas dibatasi dan kita hanya bisa di rumah saja. Teman-teman banyak yang menyarankan untuk membuka usaha ini, karena mereka butuh layanan cuci sepatu dan tas,” ujar Dirgan saat dihubungi mistar, Kamis (8/8/24).

Selain itu, ia juga memerlukan pendapatan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Untuk mempermudah pelanggan, Dirgan menyediakan layanan antar jemput dengan syarat maksimal jarak 3 km dan minimal dua pasang sepatu yang dicuci.

Dirgan memulai usahanya dengan modal minim, hanya Rp3 juta. Sebagai alat pengering sepatu, ia menggunakan hair dryer (pengering rambut). Meski demikian, usaha ini mampu memberikan keuntungan sebesar 60 persen dari modal.

Related Articles

Latest Articles