25.7 C
New York
Tuesday, August 6, 2024

Begini Persiapan Pelajar Kelas XII Menuju Ujian PTN

Medan, MISTAR.ID

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi tujuan utama siswa-siswi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk melanjutkan studi.

Ini mulai dari Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), hingga Seleksi Mandiri masih tetap ramai peminat.

Hal ini tentu memicu persaingan ketat antar pelajar untuk mendapatkan kursi di PTN favoritnya. Selain mengikuti pelajaran di sekolah, tak sedikit para anak didik juga mendaftarkan diri mengikuti kelas bimbingan belajar (bimbel).

Baca juga:PTN dan PTS Ini Masih Buka Pendaftaran Jalur Mandiri di Agustus 2024

Adelbert dan Rioki, 2 orang siswa kelas XII SMA swasta yang beralamat di Jalan Hayam Wuruk, Kota Medan, tengah duduk santai di pinggir jalan tak jauh dari sekolahnya.

Mereka mengaku baru pulang sekolah dan akan melanjut ke tempat bimbingan belajar (bimbel). Keduanya telah mengikuti bimbel di luar sekolah sejak kelas XI. Selain itu, mereka juga mengikuti les tambahan dari sekolah.

Adelbert berkeinginan untuk melanjut ke Akademi Militer (Akmil). Hal ini memacunya untuk juga menambah ilmu dan energinya. Selain les tambahan yang diikuti, ia juga mengaku konsisten untuk latihan lari setiap sorenya.

Siswa yang notabenenya adalah perantau ini ingin mencapai cita-citanya dan membahagiakan kedua orang tua.

Meski berbeda tujuan, Rioki, siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ini ingin melanjutkan pendidikannya ke jurusan Hukum di Universitas Udayana Bali.

Baca juga:Hampir Separuh Lulusan SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ini Masuk PTN

Mereka mengaku, mengumpulkan niat menjadi salah satu tantangan bagi keduanya untuk menjalani setiap persiapan menuju seleksi kedepannya.

“Niat dan ngantuk sih. Karena kan pasti ada rasa jenuhnya juga,” ucap Adelbert saat ditemui mistar.id, pada Selasa (6/8/24).

Terpisah, 2 sekawan Angelika dan Charmenita yang juga kelas XII di salah satu SMA Swasta di Kota Medan mengaku justru belum menentukan pilihan jurusan hingga saat ini meskipun mereka telah mengikuti bimbel.

“Belum tahu mau ambil jurusan apa. Masih bingung,” ucap Angel. “Tujuan universitasnya sih sudah ada. Tapi jurusannya belum. Mungkin juga akan coba ambil kedinasan,” timpal Charmen.

Selanjutnya, Beta, siswa kelas XII SMA Negeri di Jalan Pelajar Teladan Timur Medan dengan mantap memilih jurusan hukum yang akan diambilnya di 2 universitas di luar kota Medan.

Baca juga:Disdik Sumut Masih Pendataan Peserta Didik Lolos PTN 2024

“Jurusanku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), tapi mau pilih hukum saja nantinya. Karena kalau di luar itu sepertinya bukan passionku,” terangnya.

Untuk les tambahan sekolah, akunya akan dimulai pada bulan Oktober nanti sekaligus dengan pengumuman jalur undangan (SNBP).

“Kan ada 3 jalur, ada undangan, seleksi dan mandiri. Nanti kalau yang undangan sekitar bulan 10 (Oktober),” sambungnya.

Ia berharap agar siswa-siswi benar-benar mempersiapkan diri dan membekali diri menuju ujian PTN di tahun depan. (susan/hm16)

Related Articles

Latest Articles