9.9 C
New York
Thursday, October 10, 2024

Bansos Tahap Kedua Segera Diluncurkan, Jumlah Penerima Bertambah

Medan, MISTAR.ID
Bantuan sosial tahap kedua yang akan disalurkan Pemko Medan akan ada penambahan jumlah penerima. Selain itu juga direncanakan penambahan jenis bantuan selain beras.

“Bantuan tahap dua ini, ada penambahan sekitar 291 ribu KK yang diusulkan dari 21 kecamatan. Namun, mereka yang diusulkan tersebut belum tentu juga dapat bantuan tahap dua ini. Sebab, Dinas Sosial masih melakukan verifikasi,” kata Kepala Dinas Sosial Medan, Endar Lubis di Posko Percepatan Penanganan Covid-19, Kamis (30/4/20).

Menurutnya kalau diantara 291 ribu KK itu ada penerima PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dari Kemensos akan dicoret.

“Dua hari ke depan mudah-mudahan sudah selesai verifikasi,” katanya.

Menurutnya bantuan tahap pertama yakni 980 ribu ton beras sudah dibagikan ke 196 ribu KK. Sedangkan 291 ribu KK itu merupakan usulan baru dari pihak kecamatan. “Belakangan ada usulan menjadi 241 ribu KK, kemudian pihak kecamatan mengusulkan kembali 50 ribu KK, jadi total yang diusulkan untuk menerima bantuan tahap kedua ini 291 ribu KK,” ujarnya.

Bentuk bantuan sosial tahap kedua ini, lanjut Endar, masih akan didiskusikan dengan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution selaku pengambil kebijakan.

“Selain beras ada lagi tambahan, saya usulkan ikan sarden kaleng, gula, teh dan minyak goreng. Tapi itu masih usulan, akan dibahas lagi dengan pimpinan. Beras yang dibagikan belum tahu ukuran berapa kilogram, masih dibahas juga,” bebernya.

Apabila masih ada masyarakat yang terkena dampak sosial penyebaran covid-19 belum terdata sebagai penerima bantuan, ia menyarankan agar melapor kepada kepala lingkungan (Kepling)

“Lapor ke Kepling, kalau tidak dilayani lapor ke Lurah, kalau tidak dilayani juga baru lapor ke Dinas Sosial, kami ingin berjenjang pelaporannya, karena nanti tiba-tiba masuk datanya ke kami, ternyata tidak diusulkan kecamatan susah juga. Mudah-mudahan di Kepling akan didata, karena sampai masa tanggap darurat 29 Mei, bantuan akan diberikan,” katanya.

Penulis: Edrin
Editor: Rika Yoesz

Related Articles

Latest Articles