20.5 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Atasi Banjir Rob Berulang di Belawan, Kementerian PUPR Bangun Tanggul dan Pompa Air

Medan, MISTAR.ID

Tanggung sepanjang 329 meter yang berada di zona A, Kelurahan Kelurahan Belawan I dan rumah pompa air yang dibangun atas kolaborasi Wali Kota Medan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diyakini telah berhasil mengatasi banjir. Sejauh ini warga yang tinggal di Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan tidak lagi mengeluh.

“Dibangunnya rumah pompa air dan tanggul di Belawan merupakan salah satu program prioritas Bapak Wali Kota Medan dalam penanganan banjir rob,” kata Camat Medan Belawan, Subhan Fajri Harahap saat dikonfirmasi Mistar.id, Rabu (12/7/23).

Subhan mengatakan, pembangunan tanggul dan rumah pompa tersebut merupakan bagian dari prioritas Wali Kota Medan dan program penataan kawasan Belawan yang dilakukan Kementerian PUPR secara bertahap mulai dari tahun 2022.

Baca juga: Banjir Rob di Belawan Jebolkan Tanggul Kampung Nelayan Indah

Ia juga mengatakan, saat ini sudah ada satu unit rumah pompa air selesai dibangun oleh Kementerian PUPR dan tiga pompa. Semuanya sudah berfungsi dengan baik.

“Penataan ini dilakukan untuk mengatasi ancaman banjir rob”ujarnya.

Salah seorang warga kelurahan Belawan I, Khairil, mengatakan sejak berdirinya tanggul banjir rob sudah lama tidak terjadi.

“Dulu rasanya kalau ada banjir rob, harus mengantisipasi dari mulai menyelamatkan barang-barang di rumah, hingga melakukan Siskamling,”kata Khairil (andreas/hm17)

Related Articles

Latest Articles