20.7 C
New York
Monday, September 2, 2024

Antisipasi Cacar Monyet, Komisi II Minta Dinkes Medan Lakukan Langkah Preventif

Medan, MISTAR.ID

Anggota Komisi II DPRD Kota Medan, T Edriansyah Rendy meminta Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk melakukan langkah-langkah preventif guna mencegah terjadinya kasus cacar monyet atau yang dikenal monkeypox (Mpox).

Menurut Rendy, kasus cacar monyet harus bisa dicegah dengan terus melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat.

“Sosialisasi pencegahan penyebaran cacar monyet harus dilakukan agar langkah-langkah preventif bisa maksimal,” ucap Rendy, Senin (2/9/24).

Dikatakannya, Kota Medan tetap harus waspada meski saat ini belum ada ditemukan kasus cacar monyet.

Baca juga: Mpox di Jakarta Sudah Mencapai 59 Kasus

“Alhamdulillah, hingga saat ini kita belum menemukan adanya kasus cacar monyet di Kota Medan. Namun kita jangan lengah, pastikan kasus cacar monyet tidak sampai masuk ke Kota Medan,” pesannya.

Rendy menjelaskan, Dinas Kesehatan Kota Medan harus melakukan deteksi dini dan gerak cepat dalam mewaspadai masuknya kasus cacar monyet. Pasalnya, Kemenkes RI mengungkapkan penyakit cacar monyet atau Mpox di Indonesia sudah sebanyak 88 kasus selama 2022-2024.

“Kemenkes telah mengeluarkan Surat Edaran yang mengatur terkait langkah-langkah kewaspadaan dan pencegahan penyakit ini. Kita berharap Dinkes Medan dapat bergerak cepat dan mewaspadai masuknya kasus cacar monyet di Kota Medan. Sebab indikasi penularannya melalui droplet pernapasan, walaupun cacar monyet tidak bertransmisi melalui udara dalam waktu singkat, penyakit ini bisa menyebar dari kontak langsung dengan pasien,” jelasnya.

Baca juga: Thailand Jadi Negara Pertama di Asia yang Laporkan Kasus Mpox Clade 1b

Rendy juga meminta kepada masyarakat yang ada gejala atau tanda cacar monyet seperti sakit kepala, demam, nyeri otot, sakit punggung, tubuh lemah, agar segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.

“Hal ini harus dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kita harus tetap waspada, berhati-hati, dan selalu menjaga kebersihan diri,” pungkas politisi NasDem ini. (rahmad/hm25)

Related Articles

Latest Articles