11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Akibat Covid-19, Kunjungan Peziarah Ke Pemakaman Muslim Jalan Thamrin Medan Turun 75 Persen

Medan, Mistar ID
Semenjak wabah pandemi Covid 19, kunjungan keluarga atau ahli waris yang berziarah ke Pemakaman Muslim Kayu Besar di Jalan Thamrin Medan, turun drastis hingga 75 persen.

Sebagaimana dikatakan Pengurus Kuburan Muslim Kayu Besar, Sahran, Minggu (24/5/20) menuturkan, biasa menyambut bulan suci Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri orang ramai melakukan ziarah.

Menurutnya, umumnya para peziarah berasal dari luar kota seperti, Pekan Baru, Padang, Jakarta, Surabaya dan daerah lainnya. Dikatakannya, dari 12 ribu makam, yang berziarah pada Lebaran di 2020 ini tak sampai 3 ribuan yang datang berziarah ke makam sanak keluarganya.

Baca Juga:Sambut Idul Fitri, Sejumlah Mesjid Di Medan Disemprot Disinfektan

Diungkapnya, ini tentunya berdampak sangat besar kepada pengurus makam yang berharap dengan datangnya peziarah dapat melunasi iuran pembayaran. Dimana, pembayaran yang dilakukan sanak keluarga yakni membayarnya sekaligus untuk selama satu tahun.

Dimana untuk per bulannya dikenakan biaya Rp60 ribu. “Uang iuran ini digunakan untuk penjaga makam dan petugas kebersihan yang setiap harinya membersihkan makam dari rumput liar,” ucapnya.(amsal/hm10)

Related Articles

Latest Articles