18.2 C
New York
Monday, June 17, 2024

4.289 Calhaj Asal Sumut Berada di Tanah Suci

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 4.289 calon haji (calhaj) termasuk petugas telah berada di Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji 1445 H/2024.

Teranyar jemaah calhaj kloter 12 asal Kabupaten Deli Serdang diberangkatkan pada Minggu (26/5/24) dini hari sekitar pukul 01.15 WIB melalui Bandara Kualanamu Internasional menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi.

Kloter 12 yang telah mengenakan baju ihram ini berjumlah 360 orang termasuk petugas yang menjadi penerbangan kedua menuju Jeddah. Untuk diketahui kloter 1 hingga 10 masuk dalam gelombang pertama, dari tanah air dengan tujuan Bandara Amir Muhammad Madinah.

Sebelum pemberangkatan jemaah dilepas oleh Anggota DPD RI asal Sumut yang juga Ketua DPW Al Washliyah Sumut, Dedi Iskandar Batubara didampingi unsur PPIH Embarkasi Medan yang diketuai Kakanwil Kemenag Sumut, H Ahmad Qosbi Nasution sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan dan pejabat lainnya.

Baca juga: Jemaah Haji Sumut 2024 Mencapai 8.624, Diberangkatkan dengan 25 Kloter

Dedi Iskandar Batubara menyampaikan, jemaah haji Indonesia yang jumlahnya 241.000 dan merupakan jemaah haji terbesar di seluruh dunia tidak perlu khawatir soal makan, transport maupun hotel karena semuanya telah dipersiapkan dengan baik.

“Berdasarkan pengawasan Anggota DPD RI yang dilaksanakan tanggal 12 Mei 2024 sebelum kelompok terbang pertama ke tanah suci, persiapan penyelenggaraan ibadah haji mulai dari transportasi, akomodasi dan konsumsi telah dipersiapkan dengan baik,” ungkapnya saat melepas melepas keberangkatan Tamu Allah kloter 12 Embarkasi Medan di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Sabtu malam (25/5/24).

“Jika Tamu Allah menemukan ada hal yang kurang pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, sampaikan dan teruskan harapan tersebut kepada kami sebagai Anggota DPD RI agar tahun depan bisa diperbaiki,” tambahnya lagi.

Baca juga: 2.487 Sisa Jemaah Haji Sumut Menunggu Kepulangan ke Tanah Air

Sementara itu, jemaah calhaj kloter 14 sudah berada di Asrama Haji, kloter 13 ini merupakan asal Kabupaten Labuhan Batu dan Kota Medan. Menurut jadwal, 352 jemaah calhaj kloter 13 akan diterbangkan ke Jeddah Arab Saudi, Minggu tengah malam nanti. Tercatat dari kloter 13 ini jemaah tertua usia 83 tahun dan calhaj termuda usia 19 tahun. (anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles