11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

370 Nelayan Tradisional Peroleh Bantuan

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 370 nelayan tradisional di 7 kelurahan dari Kecamatan Medan Belawan mendapatkan bantuan berupa paket sembako, Rabu (31/1/23). Pembagian sembako disebutkan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Medan, Rahman Grafiqi diberikan karena banyak nelayan kecil yang kesulitan melaut.

“Ada 370 nelayan yang mendapatkan bantuan. Ini diperuntukkan bagi nelayan yang mencari nafkah di wilayah 1 mil hingga 2 mil dari bibir pantai. Bantuan dikarenakan sulitnya melaut saat ini,” kata Rahman.

Menurut Rahman, para nelayan seharusnya mendapatkan prioritas perhatian dari dinas terkait karena nelayan merupakan pahlawan gizi.

Baca juga: Nelayan Belawan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Deli

“Banyak orang yang tidak tahu bahwa nelayan itu pahlawan gizi. Tanpa nelayan, kita akan kekurangan gizi karena sumber gizi yang tinggi itu banyak diperoleh dari sari laut,” tambahnya.

Masalah lainnya, masih kata Rahman, nelayan dengan kapal 5 GT masih sulit mendapatkan BBM karena diduga masih dikuasai oleh segelintir orang. Kami akan memetakan apakah masalah ini memang benar. Apabila benar, maka kami telah membentuk kantor bantuan hukum,” jelasnya.

Salah satu nelayan yang mendapatkan bantuan, Nurlela (48), mengapresiasi bantuan yang diberikan kepada mereka.

“Di masa sulit begini masih ada yang memikirkan kehidupan nelayan. Kiranya bantuan dapat terus berlanjut,” kata Nurlela. (Kamal/hm20)

Related Articles

Latest Articles