29.3 C
New York
Thursday, August 29, 2024

Wabah Listeria di AS: 57 Orang Dirawat dan 8 Meninggal

Los Angeles, MISTAR.ID

Listeria, kuman yang dikenal kuat dan mampu bertahan di permukaan seperti alat pengiris daging dan makanan, telah menyebabkan wabah listeriosis yang serius di Amerika Serikat (AS).

Laporan data terbaru yang dirilis pada Rabu (28/8/24) oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC), lebih dari 50 infeksi dan delapan kematian akibat wabah Listeria yang menyebar di AS.

Listeria dapat bertahan bahkan pada suhu rendah seperti di dalam lemari es, dan menyebar dengan mudah melalui peralatan, permukaan, tangan, dan makanan.

Wabah ini dikaitkan dengan daging yang diiris di toko daging, termasuk produk sosis hati merek Boar’s Head, yang terkontaminasi Listeria.

Baca juga: Wabah Mpox di Afrika Berstatus Darurat

Menurut CDC, sebanyak 57 orang telah dirawat di rumah sakit akibat infeksi Listeria, dan delapan di antaranya meninggal dunia.

CDC memperingatkan bahwa orang yang berisiko tinggi, seperti ibu hamil, lansia di atas 65 tahun, atau mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, harus menghindari produk deli yang ditarik.

Jika tetap ingin mengonsumsi daging yang diiris di konter deli, disarankan untuk memanaskannya hingga beruap sebelum disajikan.

Wabah ini menjadi yang terbesar sejak wabah listeriosis pada tahun 2011 yang terkait dengan konsumsi blewah. CDC telah mengeluarkan imbauan untuk tidak mengonsumsi produk deli yang terkontaminasi guna mencegah penyebaran lebih lanjut. (mtr/hm25)

Related Articles

Latest Articles