19.9 C
New York
Monday, August 12, 2024

Ukraina Tingkatkan Aktivitas Militer, Rusia Evakuasi Sebagian Wilayah

Rusia, MISTAR.ID

Rusia mengevakuasi sebagian wilayah lain di sebelah Ukraina, Senin (12/8/24) setelah Kyiv secara tajam meningkatkan aktivitas militer di dekat perbatasan, beberapa hari setelah serangan terbesarnya ke wilayah kedaulatan Rusia sejak dimulainya perang 2022.

Pasukan Ukraina menerobos perbatasan Rusia pada Selasa pagi dan menyapu beberapa wilayah barat wilayah Kursk Rusia, serangan mendadak yang mungkin ditujukan untuk mendapatkan pengaruh dalam kemungkinan perundingan gencatan senjata setelah pemilu AS.

Tampaknya Rusia terkejut pada hari Minggu telah menstabilkan garis depan di wilayah Kursk, meskipun Ukraina telah mengukir sebagian kecil wilayah Rusia di mana pertempuran masih berlanjut pada hari Senin, menurut para blogger perang Rusia.

Baca juga:Serangan Mendadak, Ribuan Pasukan Ukraina Memasuki Wilayah Barat Rusia

Di wilayah tetangga Belgorod di selatan, gubernur daerah tersebut, Vyacheslav Gladkov, mengatakan bahwa evakuasi telah dimulai dari Distrik Krasnaya Yaruga karena “aktivitas musuh di perbatasan” yang merupakan “ancaman”.

“Saya yakin bahwa prajurit kami akan melakukan segala cara untuk mengatasi ancaman yang muncul,” kata Gladkov. “Kami mulai memindahkan penduduk yang tinggal di distrik Krasnaya Yaruga ke tempat yang lebih aman.” ujarnya.

Rusia telah memberlakukan rezim keamanan ketat di wilayah Kursk, Bryansk dan Belgorod sementara sekutu Rusia, Belarus, mengatakan pihaknya meningkatkan jumlah pasukannya di perbatasannya setelah Minsk mengatakan Ukraina telah melanggar wilayah udaranya dengan pesawat tak berawak.

Baca juga:Rusia Remehkan Kedatangan Pasokan Jet Tempur F-16 Bagi Ukraina

Serangan berani Ukraina terhadap wilayah kedaulatan Rusia ditujukan untuk menunjukkan kepada para pendukungnya di Barat bahwa Kyiv masih dapat mengerahkan operasi militer besar sambil mencoba mendapatkan nilai tawar menjelang kemungkinan perundingan gencatan senjata.

Pasukan Rusia, yang memiliki keunggulan jumlah besar dan menguasai 18% wilayah Ukraina, telah maju tahun ini di sepanjang garis depan 1.000 km (620 mil) setelah kegagalan serangan balik Ukraina tahun 2023 untuk membuat keuntungan besar.

Ukraina memecah kebungkamannya terkait serangan tersebut pada hari Sabtu ketika Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Ukraina telah melancarkan serangan ke wilayah Rusia untuk “memulihkan keadilan” dan menekan pasukan Moskow. (rts/hm17)

Related Articles

Latest Articles