10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Turki Serang Irak dengan Bom Drone, Dua Perwira Tinggi Tewas

Ankara, MISTAR.ID

Turki dikabarkan telah melakukan penyerangan ke wilayah Irak, dengan menggunakan bom drone. Peristiwa ini telah menewaskan tiga orang, termasuk dua perwira tinggi Irak, Selasa (11/8/20) malam waktu setempat.

Serangan pesawat tak berawak itu terjadi di wilayah otonom Kurdi. Sebelumnya Turki memang bertikai dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), mencapnya sebagai pemberontak.

“Serangan itu menewaskan dua komandan batalion penjaga perbatasan dan pengemudi kendaraan mereka,” kata militer dalam sebuah pernyataan dikutip AFP, Rabu (12/8/20).

Ini adalah kali pertama serangan mengenai pasukan reguler Irak. Turki menggencarkan operasi darat dan udara ke PKK di pegunungan Irak utara sejak Juni 2020. Setidaknya lima warga sipil telah tewas sejak itu.

Baca juga: Tentaranya Tewas, Erdogan Janjikan Serangan Besar ke Suriah

Kepresidenan Irak menyebut serangan itu adalah pelanggaran pada kedaulatan negaranya. Irak meminta Ankara untuk menghentikan semua operasi militernya. Irak juga akan membatalkan kunjungan Menteri Pertahanan Turki. Duta Besar Turki akan dipanggil.

“Utusan Turki itu akan diberi surat protes dengan kata-kata keras yang secara tegas menolak agresi dari Ankara,” kata Kementerian Luar Negeri Irak.(cnbc/hm07)

Related Articles

Latest Articles