19.5 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Trump Pecat Pejabat Deplu AS

Washington, MISTAR.ID

Pejabat kementerian yang sedang melakukan penyelidikan terhadap Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, baru saja dipecat Presiden AS Donald Trump. Informasi itu disampaikan seorang pejabat senior kementerian, Jumat (15/5/20). Tidak diketahui secara jelas alasan pemecatan pejabat yang ditunjuk oleh Mantan Presiden Barack Obama sejak 2013 itu.

Anggota parlemen Demokrat menuduh Trump melakukan tindakan yang berpotensi ilegal atas pemecatan sepihak Linick. Dewan Komite Urusan Luar Negeri, Eliot Engel mengatakan ia mengetahui, Linick tengah melakukan penyelidikan terhadap Pompeo.

“Pemecatan terhadap Linick di tengah proses penyelidikan menunjukkan, ini merupakan tindakan pembalasan yang melanggar hukum,” ujar Engel dalam sebuah pernyataan seperti mengutip AFP.

Seorang anggota Kongres dari Partai Demokrat yang enggan mengungkapkan identitasnya mengatakan jika Linick saat ini sedang melakukan penyelidikan dugaan penyalahgunaan seorang pejabat politik yang melakukan tugas-tugas pribadi untuk Pompeo dan istrinya.

Pompeo dicurigai lantaran sering bepergian keliling dunia bersama istrinya, Susan Pompeo yang tidak memiliki peran resmi menggunakan pesawat dinas.

Lihat juga: China Marah Dituduh AS Curi Riset Pengembangan Vaksin Corona
Dilansir Associated Press, Linick kabarnya akan digantikan oleh Stephen Akard, mantan pejabat luar negeri yang memiliki kedekatan dengan Wakil Presiden Mike Pence.

Akard kini bertugas di kantor Departemen Misi Luar Negeri dan menjadi kandidat kuat Direktur Jenderal Departemen Luar Negeri sebelum ditarik kembali lantaran masih minim pengalaman.

Lincik merupakan seorang mantan jaksa penuntut umum di California dan Virginia yang telah mengawasi laporan-laporan umum atas kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintahan Trump. Ia juga kerap mengkritik beberapa orang yang ditunjuk Trump.

 

Sumber : CNN
Editor : Mahadi

Related Articles

Latest Articles