22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Terpidana Kasus Mata-mata Israel Dieksekusi Mati di Iran

Iran, MISTAR.ID

Iran mengeksekusi seorang pria yang dijatuhi hukuman mati usai dinyatakan bersalah oleh pengadilan karena bekerja untuk badan intelijen Israel, Sabtu (16/12/23). Eksekusi itu dilakukan di provinsi tenggara Sistan-Baluchistan, tak ada detail lebih lanjut mengenai eksekusi terhadap orang yang dinyatakan sebagai mata-mata Israel itu.

“Hukuman mati dijatuhkan terhadap mata-mata rezim Zionis di penjara Zahedan,” bunyi pengumuman itu seperti diberitakan AFP, Sabtu (16/12/23).

Pengumuman itu tak menyebut identitas pria yang dihukum mati tersebut. Hanya saja, diumumkan kalau pria itu dihukum karena telah bekerja sama dan spionase untuk kepentingan rezim Zionis (Israel) yang bermusuhan.

Dia juga dinyatakan bersalah karena mengumpulkan dan memberikan informasi rahasia kepada dinas mata-mata Mossad dengan tujuan mengganggu ketertiban umum.

Baca Juga : Israel Diminta AS Kurangi Serangan ke Hamas

Iran sebelumnya telah mengumumkan penangkapan para tersangka mata-mata yang bekerja untuk negara asing, termasuk Israel, musuh bebuyutan di kawasan. Pada Desember 2022, republik Islam itu menggantung empat orang yang dihukum karena bekerja sama dengan badan intelijen Israel.

Iran tidak mengakui Israel dan kedua negara telah terlibat dalam perang bayangan selama bertahun-tahun. Teheran menuduh Israel melakukan gelombang serangan sabotase dan pembunuhan yang menargetkan program nuklirnya. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles