24.1 C
New York
Saturday, July 6, 2024

Rusia Gelar Latihan Tembak dengan Peluru Asli di Laut Hitam

Moskow, MISTAR.ID

Angkatan Laut Rusia sedang melakukan latihan sasaran tembak dengan rudal sungguhan di perairan Laut Hitam barat laut. Latihan peluru tajam dilakukan beberapa hari setelah Kremlin memperingatkan bahwa kapal yang berlayar melalui Laut Hitam ke pelabuhan Ukraina dapat menjadi sasaran militer.

Seperti dilansir AFP pada Jumat (21/7/23), Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan pada Jumat (21/7/23) waktu setempat bahwa latihan tembak langsung dilakukan oleh Armada Laut Hitam Rusia.

“Di area pelatihan tempur di barat laut Laut Hitam, tembakan langsung dilakukan oleh rudal jelajah anti-kapal terhadap kapal target,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan melalui Telegram.

Baca juga: PBB Desak Kesepakatan Ekspor Biji-bijian Laut Hitam Dilanjutkan

“Kapal target dihancurkan oleh serangan rudal,” kata pernyataan itu.

“Selama latihan bersama, kapal angkatan laut dan penerbangan juga mengambil langkah-langkah untuk sementara mengisolasi daerah-daerah yang tertutup untuk navigasi, dan juga menerapkan beberapa langkah untuk menahan kapal-kapal tersebut,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Pada Rabu (19/7/23) waktu setempat, Rusia mengumumkan bahwa kapal kargo yang singgah di pelabuhan Laut Hitam Ukraina mungkin membawa kargo militer. Pernyataan itu muncul beberapa hari setelah Moskow membatalkan kesepakatan ekspor biji-bijian dengan Ukraina.

Baca juga: Ada Apa dengan Rusia? Putin Umumkan Bahaya, Laut Hitam Ditutup

Kremlin juga menggambarkan wilayah yang tidak ditentukan “barat laut dan tenggara perairan internasional Laut Hitam” sebagai “sementara tidak aman untuk navigasi.”

Rusia juga memperingatkan tentang “risiko” membangun jalur pelayaran melalui Laut Hitam tanpa keterlibatannya.

Ukraina sebelumnya mengatakan siap untuk terus mengekspor biji-bijian melalui pelabuhan selatan meskipun Moskow menarik diri dari kesepakatan itu. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles