6.2 C
New York
Thursday, October 17, 2024

RI-Qatar Teken MoU Beasiswa Bagi Mahasiswa Afganistan di Indonesia

Jakarta, MISTAR.ID

Pemerintah Republik Indonesia bersama dengan Pemerintah Qatar meneken atau menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU).

MoU untuk menyediakan beasiswa bagi mahasiswa Afghanistan bersekolah di perguruan tinggi Indonesia itu diteken oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menteri Negara urusan Kerja Sama Internasional Qatar, Lolwah binti Rashid Al-Khater.

Melalui pernyataan tertulis dari Kemlu RI pada Kamis (17/10/24), Retno menegaskan, bahwa krisis kemanusiaan di Afghanistan menunjukkan semakin pentingnya peran dunia menjamin akses pendidikan bagi warga Afghanistan, terutama kaum perempuan.

Baca juga: Banjir Afganistan Tewaskan 40 Orang dan Hancurkan Infrastruktur

Menurut Retno, dengan memberikan kesempatan bagi pelajar Afghan belajar di Indonesia, kita akan bantu meningkatkan kapasitas mereka, bukan hanya secara akademis, tetapi membangun ketahanan mereka dan juga harapan mereka untuk membangun bangsanya kembali.

Perjanjian yang diteken secara virtual pada Kamis (17/10/24) itu menjadi dasar penyediaan beasiswa bagi mahasiswa Afghanistan menuntut ilmu di perguruan tinggi Indonesia dengan pendanaan yang berasal dari Pemerintah Qatar.

Fasilitasi beasiswa RI-Qatar untuk Afghanistan tersebut, kata Retno, mencerminkan komitmen kerja sama berkelanjutan antara kedua negara dalam mempromosikan akses pendidikan bagi perempuan Afghanistan. (ant/hm27)

Related Articles

Latest Articles