19 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Putin Akui Adanya Peningkatan Serangan Balik dari Ukraina

Moskow, MISTAR.ID

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengonfirmasi adanya peningkatan serangan balik oleh militer Ukraina telah meningkat. Sebelumnya satu laporan menyebutkan bahwa pasukan Kyiv telah berhasil menembus pertahanan Rusia di bagian tenggara negara tersebut.

Berbicara kepada media Rusia di sela-sela pertemuan puncak dengan pemimpin Afrika di St Petersburg, Kamis (27/7/2023), Putin mengatakan pertempuran telah meningkat secara signifikan, terutama di garis depan yang melalui wilayah Zaporizhzhia.

Namun, orang nomor satu Rusia itu mengatakan pasukan Kyiv belum berhasil di bagian mana pun dari garis depan mereka.

BACA JUGA:

Bentuk Balasan Moskow, Drone Rusia Hujani Ibu Kota Ukraina

“Semua upaya untuk melakukan serangan balik telah dimentahkan, dan musuh menderita kerugian besar dan berhasil dipukul mundur,” ujar Putin seperti dilansir Telegraph.

Ia juga mengklaim bahwa pasukan Rusia telah menghancurkan 26 tank dan 13 kendaraan lapis baja Ukraina di medan pertempuran.

Pernyataan itu muncul setelah Ukraina berhasil menembus pertahanan Rusia di bagian tenggara negara tersebut dalam serangan besar-besaran oleh pasukan yang dilatih Barat (NATO).

BACA JUGA:

Ukraina Terima Bom Cluster dari AS, Putin: Rusia Juga Miliki Stok Cukup

Satu unit tank T-72 era Soviet dan dua kendaraan tempur Bradley AS yang dioperasikan oleh Brigade Mekanis ke-47 Kyiv terlihat berada di luar garis pertahanan Rusia dekat Robotyne, sebuah desa di wilayah Zaporizhzhia–berdasarkan rekaman lokasi geografis.

Para pejabat Ukraina sebagian besar enggan berkomentar tentang perkembangan di medan pertempuran sejak mereka memulai operasi serangan balik pada Juni lalu.

Meski demikian, Wakil Menteri Pertahanan, Hanna Maliar, mengatakan pasukannya sedang maju menuju kota Melitopol di wilayah Zaporizhizhia. (mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles