28.7 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Puluhan Pesawat China Terdeteksi di Sekitar Taiwan

Taipe, MISTAR.ID

Sebanyak 45 pesawat tempur China terdeteksi berada di sekitar Taiwan pada Rabu (15/5/24). Ini merupakan jumlah terbesar pesawat tempur China yang terdeteksi berada di sekitar Taiwan dalam satu hari.

“26 diantaranya sudah melintasi garis median di Selat Taiwan,” kata Kementerian Pertahanan Taiwan.

Menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, tindakan pesawat tempur China di wilayahnya akan diawasi dan juga siap direspons.

“Kami mendesak China untuk menahan diri dan segera menghentikan tindakan irasional,” tegas Taiwan.

Baca juga: Gempa Berkekuatan M6,0 Guncang Taiwan

Tindakan China ini dilakukan sepekan sebelum pelantikan Presiden baru Taiwan, Lai Ching-te. China mengklaim Taiwan sebagai bagian negaranya dan akan merebutnya kembali suatu saat dengan cara apa pun.

Klaim China ditolak Taiwan dengan menyatakan diri sebagai negara berdaulat penuh. Diketahui bahwa sejak pemilu pada Januari 2024 lalu dan dimenangi oleh Lai, hubungan China dan Taiwan memburuk. China menuding Lai akan membawa kemerosotan dan perang di Taiwan.

China telah berulang kali mengirimkan pesawat tempur dan kapal perang di sekitar Taiwan. Menurut Pemerintah Taiwan, apa yang dilakukan China berdampak buruk pada keselamatan navigasi laut dan merusak perdamaian, serta stabilitas. (kumparan/mistar)

Related Articles

Latest Articles