18.8 C
New York
Wednesday, August 7, 2024

Profil Tim Walz ‘Si Kuda Hitam’

Washington DC, MISTAR.ID

Ketika spekulasi mengenai calon wakil presiden Harris mencuat, Walz awalnya dianggap sebagai ‘kuda hitam’ yang kurang dikenal. Meskipun demikian, Walz mendapatkan dukungan dari beberapa anggota Kongres seperti Perwakilan Minnesota Angie Craig dan Perwakilan Washington Pramila Jayapal.

Latar belakang Walz sebagai gubernur berpengalaman dan akarnya di pedesaan Minnesota membuatnya menjadi pilihan menarik bagi Harris.

Tim Walz, berusia 60 tahun, saat ini sedang menjalani masa jabatan keduanya sebagai Gubernur Minnesota. Ia pertama kali terpilih sebagai gubernur pada 2018 dan berhasil memenangkan masa jabatan periode kedua pada 2022.

Meskipun Minnesota bukanlah basis Demokrat yang kuat, Walz berhasil memenangkan dua pemilihan dengan mudah.

Baca juga: Kamala Harris Resmi Umumkan Siapa Wakilnya

Sebelum menjadi gubernur, Walz menjalani karier politik di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS selama 12 tahun, mewakili distrik di Minnesota selatan.

Walz juga merupakan veteran militer yang bertugas di Garda Nasional Angkatan Darat selama 24 tahun, setelah bergabung di usia 17 tahun. Dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (7/8/24), sebelum memasuki dunia politik, ia bekerja sebagai guru.

Walz dikenal karena kebijakan progresifnya. Antara lain, memberikan biaya kuliah bagi mahasiswa berpenghasilan rendah, menyediakan sarapan dan makan siang gratis di sekolah umum, melegalkan ganja rekreasi untuk orang dewasa, dan meningkatkan perlindungan bagi pekerja.

Ia juga merupakan pendukung banyak inisiatif terkait perubahan iklim, termasuk undang-undang yang menargetkan Minnesota menjadi listrik bebas karbon pada tahun 2040. Meskipun sebagai gubernur ia tidak terlibat langsung dalam kebijakan luar negeri, Walz telah menyatakan dukungannya terhadap Israel dalam konteks ketegangan di Timur Tengah.

Baca juga: Kamala Harris Segera Umumkan Calon Wapresnya

Seorang ahli strategi Demokrat dan mantan direktur politik Asosiasi Gubernur Demokrat, Raghu Devaguptapu menggambarkan Walz sebagai orang yang benar-benar pas.

“Meskipun tidak terlalu karismatik, Walz adalah seorang gubernur yang bijaksana dan memiliki kemampuan untuk membangun koalisi dukungan yang luas,” jelas Raghu. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles