9.6 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Presiden Rusia dan China Kirimkan Surat Selamat Hari Jadi Korut ke-75

Pyongyang, MISTAR.ID

Pemimpin Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea, Kim Jong Un bersama putrinya, Kim Ju Ae menghadiri parade militer dalam rangka merayakan peringatan Hari Jadi negara itu ke 75, pada Sabtu (9/9/23).

Pasukan paramiliter dan pekerja baris berbaris di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang sebagai bagian dari parade tersebut.

Diinformasikan Korean Central News Agency (KCNA), putra Kim Jong-II itu menerima surat ucapan selamat dari Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden China, Xi Jinping.

Baca juga: Korut Luncurkan Kapal Selam Serang Nuklir Taktis

Utusan China dipimpin Wakil Perdana Menteri (PM), Liu Guozhong dan anggota kunjungan dari Ansambel Akademik Angkatan Darat Rusia, Alexandrov juga turut menghadiri perayaan itu. Selain itu, diundang juga para delegasi diplomatik yang ditempatkan di Pyongyang.

Dalam surat Putin, menuliskan kemitraan antara kedua negara terus berkembang, sesuai prinsip persahabatan, bertetangga yang baik dan saling menghormati.

“Saya percaya Rusia dan Korut bakal memperluas hubungan bilateral dalam semua hal dengan cara yang terencana melalui upaya bersama,” katanya.

Baca juga: Perbatasan Dibuka, Kini Warga Korut Bisa Pulkam  

Putin juga menuliskan, hal ini sepenuhnya berdasarkan dengan kepentingan rakyat kedua negara, serta berkontribusi untuk memastikan keamanan dan stabilitas di semenanjung Korea dan Asia Timur Laut.

Sementara surat pemimpin Tiongkok mengatakan, Negeri Tirai Bambu siap untuk memperkuat komunikasi strategis, memperdalam kemitraan dan memajukan hubungan dengan Korut. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles