17.8 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Presiden Rumania Berniat Maju di Pemilihan Sekretaris Jenderal NATO

Bukares, MISTAR.ID

Presiden Rumania, Klaus Iohannis, mengumumkan jika ia akan maju dalam pemilihan Sekretaris Jenderal NATO. Iohannis yakin bahwa kepemimpinannya akan membawa sudut pandang baru bagi NATO.

“Eropa Timur memiliki kontribusi yang besar selama diskusi dan mengambil keputusan di NATO,” kata Iohannis, Rabu (13/3/24).

Posisi Sekretaris Jenderal NATO saat ini dipegang oleh Jens Stoltenberg selama satu dekade terakhir. Pengganti Stoltenberg diharapkan akan diumumkan sebelum pertemuan puncak NATO di Washington, Amerika Serikat, Juli mendatang.

Baca juga: Jika Menang Lawan Ukraina, Rusia Dikabarkan Bakal Serang NATO

Awalnya, Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, disbeut-sebut akan menggantikan Stoltenberg karena telah mendapat dukungan dari Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman.

Namun, pencalonan Rutte ditolak oleh Hungaria karena sikap kritis Rutte terhadap pemerintah Hungaria. Rutte juga mendapat kritik atas kegagalan mencapai target belanja pertahanan NATO selama dekade terakhir.

Rumania telah menjadi anggota NATO sejak tahun 2004. Sedangkan Iohannis mengatakan jika negaranya memiliki pengalaman dan sudut pandang mendalam terkait situasi keamanan, terutama akibat perang Rusia melawan Ukraina. (bbc/hm20)

Related Articles

Latest Articles