22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Presiden AS dan China akan Bertemu di KTT G20 Bali

Washington, MISTAR.ID

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu Presiden China Xi Jinping di Indonesia untuk membahas berbagai isu global dan regional. Demikian menurut keterangan Gedung Putih, Kamis (10/11/22).

Pertemuan pada Senin (14/11/22) akan berlangsung di sela-sela KTT G20 di Bali. “Kedua pemimpin akan membicarakan upaya mempertahankan sekaligus memperdalam jalur komunikasi antara Amerika Serikat dan China selaku pengelola persaingan, dan melakukan kerja sama di mana kepentingan sejalan, terutama pada tantangan lintas negara yang berdampak terhadap komunitas internasional,” kata juru bicara Karine Jean-Pierre lewat sebuah pernyataan.

Baca Juga:Presiden Xi Jinping Ajak AS Akrab dengan China

Biden akan mengangkat isu Taiwan, pelanggaran HAM dan lebih banyak lagi. “Kekhawatiran kami dan sekutu serta mitra kami tentang praktik ekonomi China yang membahayakan,” kata pejabat senior Biden.

Kedua pemimpin itu juga diperkirakan akan membicarakan perang Rusia di Ukraina. Pertemuan mereka akan menjadi yang pertama sejak Biden menjabat sebagai presiden. “Presiden percaya bahwa sangat penting untuk membangun pondasi hubungan dan memastikan bahwa ini adalah aturan jalan yang mengikat persaingan kami,” kata pejabat tersebut.(antara/hm15)

Related Articles

Latest Articles