17.8 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Polandia Hentikan Pasokan Senjata ke Ukraina Karena Masalah Gandum

Warsawa, MISTAR.ID

Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki mengumumkan, Rabu (20/9/23) tidak akan lagi memasok senjata ke Ukraina karena perselisihan mengenai impor produk biji-bijian Ukraina semakin memanas.

“Ukraina mempertahankan diri dari serangan brutal Rusia dan saya memahami situasi ini, tapi seperti yang saya katakan, kami akan melindungi negara kami. Kami tidak lagi mentransfer senjata ke Ukraina, karena kami sekarang mempersenjatai Polandia,” kata Morawiecki kepada saluran TV seperti yang dilaporkan Kantor Perdana Menteri Polandia.

Keputusan untuk menghentikan transfer senjata terjadi di tengah perselisihan yang sedang berlangsung antara kedua negara mengenai impor gandum, jagung, rapeseed, dan bunga matahari dari Ukraina.

Baca juga : Pangeran William Diam-diam Temui Tentara di Perbatasan Polandia-Ukraina, Ada Apa?

Komisi Eropa menerapkan embargo terhadap produk Ukraina pada bulan Mei karena kekhawatiran bahwa impor yang lebih murah akan mengancam produsen pertanian dalam negeri di Bulgaria, Hongaria, Polandia, Rumania, dan Slovakia.

Embargo tersebut berakhir pada tanggal 15 September, meskipun Hongaria, Polandia, dan Slovakia masing-masing menerapkan larangan mereka sendiri sebagai tanggapannya.

Ukraina kemudian mengajukan banding ke Organisasi Perdagangan Dunia. Sebagai tanggapan, juru bicara pemerintah Polandia Piotr Muller mengatakan kepada media Polandia PAP bahwa posisi pemerintah Polandia tidak berubah.

Related Articles

Latest Articles