19.1 C
New York
Saturday, September 28, 2024

PM Thailand Suarakan Dukungan Pengesahan RUU Pernikahan Sesama Jenis

Bangkok, MISTAR.ID

Perdana Menteri (PM) Thailand Srettha Thavisin yang selama ini vokal menyuarakan dukungan terhadap komunitas LGBTQ dan RUU pernikahan sesama jenis akan membuka kediaman resminya bagi para aktivis dan pendukung untuk perayaan setelah pemungutan suara yang akan digelar, Selasa (18/6/24).

Para aktivis kemudian akan mengadakan aksi di pusat Kota Bangkok, seperti mengibarkan bendera pelangi di pusat perbelanjaan raksasa untuk menunjukkan dukungan sejak dimulainya ‘Pride Month’ pada Juni ini.

Pemungutan suara berlangsung setelah Thailand sejak lama memiliki reputasi toleransi terhadap komunitas LGBTQ. Survei yang dilaporkan di media lokal juga menunjukkan dukungan luar biasa publik terhadap pernikahan yang setara.

Sementara itu, lebih dari 30 negara di seluruh dunia telah melegalkan pernikahan bagi semua orang sejak Belanda menjadi negara pertama yang merayakan pernikahan sesama jenis pada 2001 silam.

Baca Juga : Izin Pernikahan Sesama Jenis di Thailand Diputuskan Sore Ini

Namun, di Asia hanya Taiwan dan Nepal yang mengakui kesetaraan pernikahan. India hampir mencapai kesepakatan pada Oktober lalu, tapi Mahkamah Agung merujuk keputusan tersebut kembali ke parlemen.

Di Thailand, pemungutan suara yang dilakukan hari ini merupakan puncak dari kampanye bertahun-tahun dan upaya yang gagal untuk mengesahkan undang-undang perkawinan yang setara.

Meski langkah ini mendapat dukungan rakyat, sebagian besar penduduk Thailand yang mayoritas beragama Buddha masih mempertahankan nilai-nilai tradisional dan konservatif.

Anggota parlemen Thailand berkumpul untuk melakukan pemungutan suara terakhir jelang melegalkan pernikahan sesama jenis, Selasa (18/6/24) waktu setempat. Setelah peraturan perundang-undangan tersebut diresmikan, Thailand akan menjadi negara Asia Tenggara pertama yang mengakui pernikahan sesama jenis. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles