10.6 C
New York
Friday, April 26, 2024

PM Inggris Diperiksa Soal Kepemilikan Saham Bisnis Istri

London, MISTAR.ID

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, tengah diselidiki oleh pengawas parlemen terkait kepemilikan saham bisnis milik istrinya, Akshata Murthy. Sang istri diduga memiliki saham di salah satu perusahaan layanan pengasuh anak (childcare company), yang menerima manfaat anggaran negara. Atas dugaan itu, penyelidikan yang didesak oleh pihak oposisi pun dimulai sejak 13 April.

Juru bicara Sunak membenarkan kabar penyelidikan tersebut. PM Sunak juga menyatakan ‘dengan senang hati’ membantu klarifikasi secara transparan. “Kami dengan senang hati membantu mengklarifikasi secara transparan,” kata juru bicara Sunak, dikutip dari media.

Dilansir dari media, istri Rishi Sunak adalah salah satu pemegang saham di perusahaan layanan pengasuh anak bernama Koru Kids. Diduga perusahaan itu akan mendapat keuntungan dari kebijakan baru pemerintah Inggris tahun ini.

Baca juga: Istri PM Inggris Rishi Sunak Jadi Sorotan, Lebih Kaya dari Raja Charles III

Koru Kids adalah satu dari enam layanan pengasuh anak di Inggris, yang terdaftar secara resmi di situs web pemerintah. Dalam situs webnya, Koru Kids menyebut akan ada insentif ganda yang dibayarkan kepada pengasuh, jika mendaftar melalui agen seperti Koru Kids. Selain insentif, para pengasuh juga bisa mendapatkan pelatihan, bergabung dalam komunitas, dan dukungan berkelanjutan.

Di bawah kode etik Inggris, anggota parlemen wajib memberikan informasi tentang kepentingan keuangan, yang dinilai bisa mempengaruhi profesionalitas kerja. Jika terbukti melanggar, komisaris bisa meminta PM Sunak untuk menyampaikan permohonan maaf dan menetapkan langkah untuk mencegah hal serupa di masa depan. Selain itu, komisaris juga bisa merujuk komite untuk menangguhkan atau memecat Sunak dari kursi perdana menteri.

Penyelidikan ini memang menjadi pukulan bagi Sunak yang baru menjabat pada Oktober lalu. Padahal, perdana menteri berusia 42 tahun itu berjanji bakal memimpin Inggris dengan “integritas, profesionalisme, dan akuntabilitas di setiap tingkatan.”

Baca juga: Rishi Sunak PM Inggris Pertama Keturunan India, Crazy Rich yang Dijagokan Partai Konservatif

Sunak dan Murthy sendiri selama ini didapuk sebagai penghuni terkaya yang pernah ada di 10 Downing Street. Sebab Murthy merupakan putri salah satu pendiri raksasa IT India Infosys dan memiliki kekayaan sekitar 700 juta dolar (setara Rp10,4 triliun). (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles