9 C
New York
Monday, April 22, 2024

Istri PM Inggris Rishi Sunak Jadi Sorotan, Lebih Kaya dari Raja Charles III

London, MISTAR.ID

Rishi Sunak resmi terpilih sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris menggantikan Liz Truss yang mundur beberapa waktu lalu. Sejak terpilih, istri Rishi Sunak, Akshata Murty menjadi sorotan publik. Ia ternyata seorang miliarder.

Rishi Sunak memenangkan pemilihan PM Inggris yang dilakukan anggota Partai Konservatif pada Senin (24/10/22). Selain jadi PM Inggris keturunan India pertama, pria berusia 42 tahun ini juga tercatat sebagai PM Inggris termuda dalam 200 tahun terakhir.

Dilansir dari Independent pada Selasa (25/10/22), Rishi Sunak telah tercatat sebagai salah satu orang terkaya di dunia bila digabungkan dengan kekayaan istrinya. Mereka memiliki harta sebesar 730 juta poundsterling atau setara Rp12,8 triliun.

Baca Juga:Rishi Sunak PM Inggris Pertama Keturunan India, Crazy Rich yang Dijagokan Partai Konservatif

Rishi Sunak berada di peringkat ke-222 orang terkaya di Inggris versi Sunday Times pada Mei 2022. Kekayaan Rishi Sunak bahkan lebih besar dari Raja Charles III, yang kekayaan pribadinya diperkirakan mencapai US$600 juta atau setara Rp9 triliun.

Lantas, siapa sosok istri Rishi Sunak yang menjadikan PM Inggris baru tersebut sebagai salah satu orang terkaya di Britania?

Istri PM Inggris Rishi Sunak Akshata Murty adalah putri miliarder India Narayana Murthy, salah satu pengusaha paling terkenal di negara itu yang dijuluki Bill Gates of India.

Berstatus sebagai pewaris kekayaan bernilai miliaran, Akshata menjadi sorotan ketika muncul ke publik. Dia memegang status tidak berdomisili, yang berarti dia tidak perlu membayar pajak apa pun atas penghasilannya dari luar Inggris.

Dia kemudian setuju untuk membayar pajak Inggris atas pendapatannya di seluruh dunia. Terlepas dari kekayaan keluarganya yang luar biasa, Akshata berasal dari keluarga yang lebih sederhana.

Dalam sepucuk surat kepada putrinya, yang diterbitkan dalam kompilasi 2013, ayahnya mengenang bagaimana dia mendengar berita kelahirannya di Hubli pada April 1980 dari seorang rekan, karena keluarganya tidak mampu membeli telepon.

Baca Juga:Gantikan Liz Truss, Rishi Sunak Jadi Perdana Menteri Inggris

“Ibumu dan saya masih muda saat itu dan berjuang untuk menemukan pijakan kami dalam karier kami,” tulis Akshata.

Ketika dia baru berusia beberapa bulan, Akshata dikirim untuk tinggal bersama kakek-nenek dari pihak ayah ketika ibunya, Sudha Murty, dan ayahnya memajukan karir mereka di Mumbai.

Setahun kemudian, Akshata mendirikan Infosys, sebuah perusahaan layanan TI yang akan menjadikannya salah satu orang terkaya di India. Orang tua Akshata juga menanamkan fokus pada pendidikan dan kerja keras pada kedua anak mereka.

Akshata mengatakan tidak ada TV di rumah mereka untuk meluangkan waktu untuk hal-hal seperti belajar, membaca, diskusi dan bertemu teman. Dia melanjutkan untuk belajar ekonomi dan bahasa Prancis di Claremont McKenna College yang liberal swasta di California.

Ms Murty kemudian memperoleh diploma di sebuah perguruan tinggi mode sebelum bekerja di Deloitte dan Unilever dan belajar untuk gelar MBA di Universitas Stanford. Di universitas itulah dia bertemu Rishi Sunak.

Pasangan ini menikah pada 2009 dan dikaruniai dua putri. Wanita berusia 42 tahun ini memulai karirnya di bidang keuangan di California sebelum meluncurkan label fesyennya sendiri, Akshata Designs.

Dia merilis koleksi pertamanya pada 2011. Akshata mengatakan kepada Vogue India bahwa dia bekerja dengan seniman di desa-desa terpencil di India untuk membuat desainnya, yang tentang keaslian, keahlian dan melindungi warisan yang kaya. (bisnis/hm12)

Related Articles

Latest Articles