10.8 C
New York
Thursday, April 11, 2024

PM Inggris Diminta Setop Jual Senjata ke Israel, Ini Sebabnya

London, MISTAR.ID

Perdana Menteri (PM) Inggris, Rishi Sunak diminta untuk menghentikan penjualan senjata ke Israel. Tekanan besar dari berbagai pihak ini muncul setelah tujuh pekerja bantuan, termasuk tiga warga negara Inggris tewas akibat serangan udara Israel di Jalur Gaza.

Tiga partai oposisi utama di Inggris, bersama dengan sejumlah anggota parlemen dari partai yang berkuasa, menyerukan agar pemerintah Inggris mempertimbangkan untuk menangguhkan penjualan senjata ke Israel. Partai Demokrat Liberal dan Partai Nasional Skotlandia telah mendukung langkah tersebut seperti dilansir dari Reuters.

Partai Buruh, sebagai oposisi utama, mengusulkan pendekatan yang berbeda. Mereka menyatakan penjualan senjata harus ditangguhkan jika ada bukti bahwa Israel telah melanggar hukum internasional.

Baca juga : Israel Tolak Kemerdekaan Palestina, PM Inggris Kecewa

Kepala kebijakan luar negeri Partai Buruh, David Lammy menjelaskan penangguhan penjualan senjata harus dilakukan jika terjadi pelanggaran terhadap hukum kemanusiaan internasional. Namun, ia menekankan bahwa hal tersebut harus didasarkan pada bukti yang jelas.

Sementara itu, PM Israel, Benjamin Netanyahu menyebutkan serangan tersebut tragis dan tidak disengaja, serta berjanji akan melakukan penyelidikan independen.

Related Articles

Latest Articles