17.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Perekonomian China Bakal No 1 di dunia

Beijing, MISTAR.ID

Pernyataan Presiden China Xi Jinping mengenai optimisme ini muncul setelah selesainya pleno kelima Komite Sentral minggu lalu, di mana para pemimpin tertinggi China membahas rencana lima tahun ke-14 untuk 2021-25 dan visi jangka panjang 2035.

Menurut Xi, dirinya telah memimpin Perdana Menteri Li Keqiang, Wakil Perdana Menteri Han Zheng, dan ideologi tsar China, Wang Huning dalam penyusunan cetak biru kebijakan belum ini.

“Setelah studi dan perhitungan yang serius, tim perumus menemukan bahwa China memiliki harapan dan potensi untuk mempertahankan pembangunan stabil jangka panjang,” kata Xi, dikutip dari South China Morning Post (SCMP), Selasa (10/11/20).

“Sangat mungkin bagi China untuk mencapai standar negara berpenghasilan tinggi pada akhir dari rencana lima tahun ke-14 pada tahun 2025 dan untuk menggandakan ukuran ekonomi total, atau pendapatan per kapita, pada tahun 2035.”

Baca juga: China Larang Kedatangan WNA, Ini Alasannya

Xi mengatakan dia tidak memasukkan target numerik dalam rencananya sehingga pejabat China akan fokus pada “kualitas dan efisiensi”, bukan kecepatan.

Dia menambahkan tujuan spesifik akan menjadi bagian dari rencana kerja pemerintah yang terperinci, menunjukkan China tidak menyerah dalam menetapkan target pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) tahunan.

Salah satu alasan yang mendasari optimisme tersebut adalah rekam jejak China. Menurut angka Beijing sendiri, pertumbuhan China hanya mengalami sedikit penurunan selama periode yang menantang secara historis, mulai dari sanksi setelah penumpasan gerakan pro demokrasi Tiananmen tahun 1989, krisis keuangan Asia 1997, krisis keuangan global 2008, dan gangguan virus corona tahun 2020.

Meskipun ada pembicaraan tentang pertumbuhan yang stagnan atau bahkan runtuh, ekonomi China telah terbukti sangat kuat. PDB per kapita berada di bawah India pada 1990, tetapi lima kali lebih tinggi pada 2019, menurut Bank Dunia.

Baca juga: Gawat! 6.000 Warga China Terinfeksi Wabah Brucellosis

Xi mengatakan China dapat mengandalkan pasar domestiknya untuk pertumbuhan karena dunia menjadi kurang bersahabat.

“China memiliki populasi 1,4 miliar dengan PDB per kapita di atas US$ 10.000, dan China adalah pasar konsumen terbesar dan paling menjanjikan di dunia dengan ruang besar untuk pertumbuhan di masa depan,” kata Xi.

“Sejak reformasi dan keterbukaan China, kami menghadapi banyak risiko dan dampak eksternal, tetapi pada akhirnya semua bahaya teratasi. Triknya adalah kami menyelesaikan berbagai hal sendiri dan kami selalu memprioritaskan pengembangan di rumah.”

Pada saat yang sama, Xi tidak mendukung ekonomi yang sepenuhnya berorientasi ke dalam. Xi telah menggunakan berbagai platform, termasuk Pameran Impor Internasional China tahunan di Shanghai, untuk memberikan sikap ramah bagi investor asing, menggambarkan China sebagai kekuatan yang mendukung multilateralisme dan perdagangan.

Baca juga: China Ciptakan Pesawat Siluman Baru

Ketika Washington mendorong untuk memisahkan ekonomi China dan Amerika, Beijing menggandakan upaya untuk merayu Eropa, Jepang, dan Korea Selatan. Ia bahkan meluncurkan karpet merah untuk para kapitalis Wall Street.

Tetapi beberapa analis berpendapat bahwa kinerja pertumbuhan China sebelumnya tidak berarti pertumbuhan di masa depan terjamin.

Pertumbuhan PDB utama berkisar antara 6% hingga 7% selama lima tahun hingga 2020, ketika wabah virus korona menghantam ekonomi dan memangkas tingkat perkiraan menjadi 2% untuk tahun ini.

Saat ini ekonomi China adalah yang kedua di dunia. Namun menurut jurnalis senior SCMP, Zhou Xin dalam artikel opininya, target itu bisa menjadikan China no 1 secara perekonomian di dunia mengalahkan AS.(cnbc/hm07)

Related Articles

Latest Articles