27.6 C
New York
Friday, July 5, 2024

Perdalam Kemitraan Tanpa Batas dengan Xi Jinping, Presiden Putin Bakal Kunjungi Tiongkok

Moskow, MISTAR.ID

Presiden Rusia, Vladimir Putin direncanakan akan bertemu Presiden Tiongkok, Xi Jinping di Tiongkok minggu ini dalam upaya untuk memperdalam kemitraan yang terjalin antara dua pesaing strategis terbesar Amerika Serikat (AS).

Putin akan menghadiri Forum Belt and Road di Beijing pada 17-18 Oktober, perjalanan pertamanya ke luar bekas Uni Soviet sejak Mahkamah Pidana Internasional yang bermarkas di Den Haag mengeluarkan surat perintah kepadanya pada Maret atas deportasi anak-anak dari Ukraina.

Tiongkok dan Rusia mendeklarasikan kemitraan “tanpa batas” pada Februari 2022, ketika Putin mengunjungi Beijing hanya beberapa hari sebelum ia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina, sehingga memicu perang darat paling mematikan di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Baca juga : Putin tiba di Kyrgyzstan, Perjalanan Luar Negeri Pertamanya saat Keluar Perintah Penangkapan

Amerika Serikat menganggap Tiongkok sebagai pesaing terbesarnya dan Rusia sebagai ancaman negara terbesarnya, sementara Presiden AS, Joe Biden berpendapat bahwa abad ini akan ditentukan oleh persaingan eksistensial antara negara demokrasi dan otoriter.

“Selama dekade terakhir, Xi telah membangun aliansi tidak dideklarasikan dengan Putin, Rusia, yang paling berpengaruh di dunia,” kata Graham Allison, profesor di Universitas Harvard dan mantan asisten menteri pertahanan di bawah Bill Clinton, kepada Reuters.

Related Articles

Latest Articles