24.3 C
New York
Friday, July 5, 2024

Perbatasan Dibuka, Kini Warga Korut Bisa Pulkam  

Pyongyang, MISTAR.ID

Warga negara Korea Utara (Korut) yang selama ini terjebak di luar negeri akibat pembatasan Covid-19 selama 3 tahun, akhirnya bisa pulang kampung (pulkam).

Keputusan itu diambil saat pemerintah Korut segera membuka kembali perbatasannya secara full. Sebelumnya, Korut menutup perbatasannya sejak awal tahun 2020, untuk melindungi wilayahnya dari Virus Corona yang ketika itu merajalela secara mendunia.

Dalam penutupan itu, secara tidak langsung menghalangi warga Korut di luar negeri yang ingin pulang ke tanah air mereka.

Baca juga: Korea Utara Mengkonfirmasi Penahanan Tentara AS Travis King

Dimulainya kembali penerbangan udara komersial internasional di Negeri Para Petapa itu, menunjukkan ada peningkatan tanda-tanda pergeseran kontrol perbatasan dalam beberapa minggu terakhir.

Pernyataan yang diinformasikan kantor berita Korean Central News Agency (KCNA), Markas Besar Pencegahan Epidemi Darurat Negara menyatakan, warga negara Korut sudah diizinkan kembali ke negaranya, seiring dengan kondisi pandemi di seluruh dunia yang mereda.

“Hanya saja mereka akan ditempatkan di bawah pengawasan medis yang tepat di bangsal karantina selama satu pekan,” kata pernyataan tersebut.

Tindakan itu dinilai menandakan negara yang dipimpin Kim Jong Un itu bakal mengubah kebijakan ketat mengenai Covid-19 dan secara berjenjang mengendurkan kebijakan-kebijakan karantina.

Baca juga: 70 Tahun Gencatan Senjata Korea Selatan dan Korea Utara Pecahkan Rekor Dunia

Peneliti Sejong Institute, Cheong Seong Chang, saat berbicara dengan AFP, seperti dilansir, pada Selasa (29/8/23) menyampaikan, dengan pengumuman teranyar ini, diharapkan kepulangan warga Korut dalam jumlah besar juga akan terjadi melalui jalur darat.

Bulan Juli 2023, utusan pejabat tinggi China dan Rusia datang berkunjung ke Pyongyang menghadiri perayaan penting. Mereka sebagai delegasi asing pertama mengunjungi negara terisolasi itu dalam beberapa tahun terakhir.

Awal Agustus ini, utusan atlet Korut diizinkan mengikuti kejuaraan taekwondo di Kazakhstan. Sementara maskapai nasional Air Koryo mengawali penerbangan komersial pertama dalam 3 tahun terakhir pada pekan lalu. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles