18.9 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Pimred Suara Ghor Ditembak Mati di Afghanistan

Kabul, MISTAR.ID

Bismellah Adel Aimaq (28) pemimpin redaksi stasiun radio Sada-e-Ghor (Suara Ghor), tewas dibunuh di dekat kota Firoz Koh, Ibu Kota Ghor, Afghanistan pada Jumat malam. Tidak ada kelompok militan yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan itu.

“Sayangnya, Bismellah Adel Aimaq, pemimpin radio Sada-e Ghor, dibunuh oleh orang-orang bersenjata tak dikenal malam ini di Firoz Koh,” kata Wakil Gubernur Ghor, Habibollah Radmanesh pada hari Jumat, yang dilansir Reuters, Sabtu (2/1/21).

“Dia berusia 28 tahun, dan mulai bekerja dengan radio Sada-e-Ghor sejak 2015,” lanjut Radmanesh.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengutuk pembunuhan itu dan mengatakan pemerintahnya berkomitmen untuk mendukung dan mempromosikan kebebasan berekspresi.

Baca juga: Demi Sinergi, Jokowi-Ma’ruf Diminta Dalami Perjanjian Internasional

“Taliban dan kelompok teroris lainnya tidak dapat membungkam suara sah jurnalis dan media dengan melakukan serangan semacam itu,” katanya dalam sebuah tweet.

Seorang aktivis masyarakat sipil juga dibunuh pada hari Jumat oleh kelompok militan tak dikenal. Pembunuhan yang ditargetkan terhadap jurnalis, pejabat pemerintah dan aktivis hak asasi manusia, telah meningkat pesat dalam beberapa bulan terakhir di Afghanistan meskipun ada pembicaraan damai antara pemerintah dan Taliban.

Taliban menyatakan pada bulan Desember bahwa mereka tidak terlibat dalam pembunuhan profesional media.(sindo/hm07)

Related Articles

Latest Articles