7.2 C
New York
Friday, April 19, 2024

Pemilu 2024 Korsel Dimenangkan Kubu Oposisi

Seoul, MISTAR.ID

Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Korea Selatan (Korsel) dimenangkan kelompok oposisi.

Laporan media setempat, pada Kamis (11/4/24), kubu oposisi mengalahkan koalisi pemerintah Partai Kekuatan Rakyat (PPP) yang mendukung Presiden, Yoon Suk-yeol.

Diberitakan Yonhap, seperti dilansir, pada Jumat (12/4/24), Partai Demokrat merupakan partai oposisi utama di Negeri Ginseng dan partai sekutunya memenangi total 176 dari 300 kursi di Majelis Nasional Korsel. Sedangkan PPP dan partai koalisinya, Partai Masa Depan Rakyat cuma memenangi 108 kursi.

Baca juga:Pemilu Korsel Saat Pandemi Catat Partisipasi Tertinggi

Yoon mengakui kekalahan kelompoknya dan menyatakan dirinya menerima pilihan masyarakat.

“Saya bakal menerima pilihan rakyat dalam Pemilu ini dengan rendah hati. Saya bakal berjuang untuk mereformasi pemerintahan, serta bekerja keras mewujudkan kestabilan ekonomi dan mengubah kualitas hidup warga,” paparnya.

Menjadi bentuk tanggung jawab atas kekalahan di Pemilu, pemimpin PPP, Han Dong-hoon menyatakan mengundurkan diri. Perdana Menteri (PM) Han Duck-soo dan staf senior kepresidenan lainnya ikut mengajukan hal serupa.

Baca juga:Kapal Tanker Kimia Milik Korsel Terbalik di Jepang, 8 Orang Tewas Termasuk WNI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menuturkan, 67 persen dari 44,28 juta pemilih memakai hak pilihnya dalam pemilihan kali ini, sehingga menjadi Pemilu dengan jumlah pemilih tertinggi dalam 32 tahun.

Pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi pertama Korsel dengan lebih dari 30 persen pemilih memilih di masa pemungutan suara awal. Jumlah pemilih di Pemilu 2020 hanya mencapai 24,95 persen. (ant/hm16)

Related Articles

Latest Articles