15.2 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Pekerja Pengemasan Sayuran di Korsel Tewas Dihantam Robot

Seoul, MISTAR.ID

Satu unit mesin pengemas sayuran di Korea Selatan (Korsel) menewaskan seorang pekerja. Peristiwa itu terjadi setelah sensor-sensor robot di pusat distribusi sayuran di distrik Goseong mengalami malfungsi sehingga salah mendeteksi kotak yang dibawa sang pekerja.

Korban, seorang pekerja perusahaan robotika berusia 40-an, berada di dekat robot dengan sebuah kotak di tangannya pada jam shift-nya, Selasa (7/11/23). Pekerja itu kemudian dihantamkan lengan robot ke atas sabuk pengangkut karena mengira ia adalah kotak.

Kepolisian setempat mengatakan, pria itu meninggal dunia akibat cedera kepala dan dada, setelah dia diambil lengan robot lalu diremas.

Baca Juga: Bank Industri dan Perdagangan China Diserang Ransomware

Polisi mengatakan, bukti awal menunjukkan bahwa peristiwa itu kemungkinan terjadi akibat kesalahan manusia, karena sensor-sensor robot yang dirancang untuk mengidentifikasi kotak, telah mendeteksi kotak yang dibawa korban sebelum meremukkannya.

Kematian pekerja ini meningkatkan kekhawatiran seputar bahaya robot industri dan perasaan aman palsu yang mungkin diberikan kepada orang-orang yang bekerja di sekitarnya, di negara yang semakin bergantung pada mesin-mesin tersebut untuk mengotomatisasi industri-industrinya.

Kematian ini menyusul serangkaian kecelakaan yang melibatkan robot di pabrik-pabrik di Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir.

Maret lalu, seorang pekerja berusia 50-an secara serius terluka ketika seorang robot manufaktur menindihnya saat melakukan pemeriksaan di pabrik suku cadang otomotif di Gunsan.

Tahun lalu, satu unit robot yang dipasang di dekat sabuk pengangkut menghancurkan seorang pekerja di pabrik susu di Pyeongtaek.

Related Articles

Latest Articles