9.8 C
New York
Friday, May 10, 2024

Pasca Kecelakaan, Bandara Haneda Kembali Beroperasi Normal

Tokyo, MISTAR.ID

Operasi penerbangan di Bandara Haneda Tokyo kembali normal pada hari ini, Senin (8/1/24), enam hari setelah hampir terjadi tabrakan berbahaya antara pesawat penumpang dan pesawat kecil yang menewaskan lima orang, Selasa (2/1/24) lalu.

Seluruh 379 penumpang dan kru pesawat Japan Airlines (JAL) berhasil keluar dalam kecelakaan itu, tetapi lima dari enam orang di pesawat Coast Guard, yang bertabrakan dengan pesawat tersebut tewas.

Baca Juga: Pesawat JAL Bawa 379 Penumpang Terbakar di Bandara Haneda

Landasan pacu di Haneda–salah satu bandara tersibuk di dunia–telah ditutup sejak saat itu, mengakibatkan dibatalkannya ratusan penerbangan, terutama domestik.

“Landasan pacu C kembali beroperasi hari ini (Senin), jadi bandara sudah beroperasi normal lagi,” kata juru bicara Bandara Haneda Tokyo kepada AFP.

Pekerja telah membersihkan puing-puing dari kedua pesawat yang terbakar dan penyelidik Jepang bersama kolega mereka dari Prancis, Inggris, dan Kanada sedang menyelidiki kecelakaan tersebut.

Baca Juga: Kecelakaan di Bandara Haneda Tewaskan 5 Kru Pesawat Coast Guard

Transkrip komunikasi yang dirilis oleh Kementerian Transportasi pekan lalu menunjukkan bahwa pesawat Coast Guard telah diinstruksikan untuk berhenti sebelum landasan pacu dan pesawat JAL diizinkan mendarat.

Namun, pilot penjaga pantai, yang merupakan satu-satunya yang selamat, meyakini bahwa dia memiliki izin untuk masuk ke landasan pacu, di mana pesawatnya sempat berhenti selama sekitar 40 detik sebelum kecelakaan. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles