14.4 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Mulai 24 Agustus, Jepang Siap Melepaskan Air Fukushima Hasil Olahan Nuklir ke Laut

Tokyo, MISTAR.ID

Jepang berencana akan melepaskan lebih dari 1 juta metrik ton air radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang hancur pada tanggal 24 Agustus. Langkah ini untuk mewujudkan rencana yang menuai kritik keras dari Tiongkok.

Pernyataan yang disampaikan pada hari Selasa (22/8/23) itu merupakan rencana yang dua tahun lalu disetujui oleh pemerintah Jepang sebagai hal penting untuk menonaktifkan pembangkit listrik yang dioperasikan oleh Tokyo Electric Power Company (TEPCO), juga menghadapi kritik dari kelompok nelayan setempat, yang takut akan rusaknya reputasi dan mengancam mata pencaharian mereka.

“Saya telah meminta TEPCO untuk segera mempersiapkan pelepasan air sesuai dengan rencana yang disetujui oleh Otoritas Regulasi Nuklir, dan mengharapkan pelepasan air dimulai pada tanggal 24 Agustus, jika kondisi cuaca memungkinkan,” kata Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida.

Baca juga: Jepang Segera Buang Air Radioaktif Pembangkit Listrik Nuklir Fukushima

Pengumuman ini disampaikan sehari setelah pemerintah mengatakan pihaknya telah memperoleh “kesepahaman” dari industri perikanan mengenai pelepasan air tersebut, bahkan ketika kelompok nelayan mengatakan mereka masih khawatir itu akan merusak reputasi dan mata pencaharian mereka.

“Saya berjanji bahwa kami akan memikul seluruh tanggung jawab untuk memastikan industri perikanan dapat terus mencari nafkah, meskipun hal itu akan memakan waktu puluhan tahun,” kata Kishida pada hari Senin (21/8/23).

Jepang mengatakan bahwa pelepasan air tersebut aman. The International Atomic Energy Agency (IAEA), pengawas nuklir PBB, memberikan lampu hijau pada rencana tersebut pada bulan Juli, dengan mengatakan bahwa rencana tersebut memenuhi standar internasional dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungan “dapat diabaikan”.

Related Articles

Latest Articles