14.5 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Misa Minggu Palma Dirayakan Tanpa Publik Di St Peter

Romawi, MISTAR.ID
Paus Fransiskus merayakan Misa Minggu Palma tanpa publik, karena upacara tradisional di Lapangan St’Peter dibatalkan akibat pandemi virus korona.

Biasanya, puluhan ribu orang Romawi, turis, dan peziarah, membawa cabang-cabang pohon zaitun atau daun palem berbondong-bondong ke Misa di luar ruangan dan dipimpin oleh Paus. Tapi kali ini, Paus memimpin upacara itu dari dalam Basilika St’Peter yang tampak sangat kosong.

Selain para pembantunya, beberapa uskup diundang, biarawati dan umat awam juga hadir, duduk bersendirian di barisan pertama bangku gereja dan terpisah beberapa meter untuk mengurangi resiko penularan.

Terlihat termenung, Paus memberkati dengan daun palam yang dikepang dan dipegang oleh orang lain. Ia sendiri juga memegang satu di tangan.

Minggu Palma menandakan dibukanya Pekan Suci menjelang Paskah, yang pada tahun ini jatuh pada 12 April. Vatikan telah mengumumkan Paus akan memimpin semua upacara tradisional tanpa publik sesuai dengan langkah-langkah lockdown di Italia dan di Vatikan untuk menahan penyebaran dari COVID-19.

Di antara peristiwa yang biasa adalah prosesi Jumat Agung Salib. Tahun ini, alih-alih prosesi lilin tradisional di Colosseum Roma, jalan salib akan dipimpin oleh Paus Francis di Lapangan St’ Peter.

Penerjemah : Juliana Ang
Sumber : ABC News
Editor : Rika Yoesz

Related Articles

Latest Articles