21.2 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Menteri Senior Emeritus Goh Chok Tong Tidak Akan Calonkan Diri Pada Pemilu Singapura

Singapura, MISTAR.ID

Menteri Senior Emeritus (pensiunan profesor) Goh Chok Tong tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan umum mendatang, setelah menjabat sebagai anggota parlemen untuk Marine Parade (sebuah kawasan perencanaan dan estate yang terletak di kawasan tengah Singapura) selama lebih dari 40 tahun.

Dalam sebuah surat kepada Perdana Menteri Lee Hsien Loong tanggal 24 Juni 2020, Goh mengatakan keputusannya dibuat “setelah banyak berpikir dan dengan berat hati”.

“Suksesi kepemimpinan yang lancar dan sistematis adalah kunci stabilitas politik Singapura,” tulisnya. “Saya lebih memilih untuk pensiun sebagai anggota parlemen sekarang, sementara saya sehat dan dapat memudahkan transisi penerus saya ke Marine Parade,” tulisnya lagi.

Mr Goh mengatakan, dia merekomendasikan agar Dr Tan See Leng mengambil alih darinya di Marine Parade. Dr Tan telah menggantikan Goh selama kurang lebih dua tahun dan telah membantu dengan sesi pertemuan di Marine Parade, serta beberapa proyek sosial di daerah pemilihan.

Baca Juga:Penelitian Singapura Ungkap, Corona Tak Menular Setelah 11 Hari

Setelah pengumuman itu, Dr Tan mengatakan, bahwa ia berharap cabang Marine Parade akan menemukan “cara yang berbeda” untuk berinteraksi dengan Goh untuk memanfaatkan pengalaman dan keahliannya.

“Saya harus memberi tahu Anda bahwa dia memiliki seluruh harta karun pengalaman dan kebijaksanaan. Dan akan sangat menyedihkan untuk melihat dia pensiun,” kata Dr Tan. “Tapi aku bisa mengerti bahwa, seperti yang dia singgung, dia akan berusia 80 tahun, tahun depan. Intinya adalah kita harus menghormati keinginannya,” sebutnya lagi.

Dr Tan mengatakan dia “sangat tersanjung” bahwa Goh berpikir dia harus mengambil alih sebagai ketua cabang Marine Parade. Dia akan melakukan yang terbaik.

“Dia memiliki sepatu yang sangat sangat besar untuk diisi. Saya tidak berpikir saya bisa mengisinya, tetapi saya akan mencoba dari level saya sebaik mungkin untuk bekerja dengan banyak cara lain, untuk mencoba dan memenuhi peran sebagai peran besar yang dia tinggalkan,” kata Dr Tan.

“Marine Parade adalah rumah kedua saya. Saya suka orang-orang. Para aktifis Cabang (Partai Aksi Rakyat) adalah kawan-kawan saya yang tangguh dan teman-teman yang tangguh. Banyak yang mendesak saya untuk ikut berdiri untuk masa jabatan lain. Tapi saya tidak boleh. Saya juga tidak memiliki energi yang sama lagi ketika saya menyeberang ke usia 80-an saya,” kata Goh.

Goh menambahkan, pemimpin yang kompeten dan tepercaya dengan hati untuk pelayanan publik sangat penting untuk melindungi dan memajukan kepentingan Singapura.

Dia menekankan dukungannya untuk suksesi kepemimpinan yang direncanakan Lee di tingkat nasional, dan mengatakan tim 4G yang dipimpin Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat telah diuji dan diperkuat dalam wadah Covid-19.

Baca Juga:Singapura Cetak Rekor, 1.275 Pasien Corona Sembuh Dalam Sehari

PM Lee mengatakan, dia menerima keputusan Goh untuk pensiun dari politik, dengan sedih. Dia mencatat kontribusi Goh untuk Singapura dan mengucapkan terima kasih atas layanan terhormat seumur hidup.

“Di Marine Parade lah Anda telah meninggalkan jejak paling pribadi pada kehidupan individu Singapura…Marine Parade telah menjadi kota tepi laut yang penuh dengan kehangatan, yang oleh orang-orang dari segala usia dengan bangga menyebutnya sebagai rumah. Kisah Marine Parade adalah kisah Singapura yang dari ketiadaan, kami menciptakan sesuatu yang istimewa. Anda mewujudkannya,” demikian PM Lee menulis dalam surat pidato perpisahannya kepada Goh.

Lee juga memuji Goh karena membawanya ke dunia politik serta membimbing dan membimbingnya selama bertahun-tahun. Lee memberikan penghormatan kepada persahabatan yang membuahkan hasil, serta hubungan erat antara dua perdana menteri yang akan membuat iri banyak negara.

“Anda telah memberikan semua dan lebih banyak lagi dalam pelayanan bagi negara dan orang-orang Anda. Saya berharap Anda dan Nyonya Goh sehat dan bahagia,” katanya.

Dalam sebuah posting di Facebook, Lee mengatakan, dia senang bahwa Goh akan mempertahankan hubungannya dengan Marine Parade sebagai Ketua Emeritus Cabang Marine Parade dan Penasihat Emeritus ke GRO Parade Marine.

Goh juga setuju untuk menjadi penasehat senior Asosiasi Rakyat secara pro bono, dan akan terus memimpin dewan pengurus Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew.

Baca Juga:Singapura Diterjang Virus Corona, Haruskah Dunia Khawatir?

Goh juga menulis dalam sebuah posting Facebook, berterima kasih kepada Lee atas pengertian dan penerimaannya. “Selalu menyedihkan untuk mengakhiri satu fase dalam hidupmu dan memulai yang lain,” ungkapnya.

Dia berterima kasih kepada penghuni Marine Parade dan meminta dukungan penuh mereka untuk Dr Tan, yang dia gambarkan memiliki karakter, temperamen, motivasi, nilai, dan kompetensi yang tepat untuk menjadi anggota parlemen berikutnya.

Mantan Ketua Parlemen Tan Chuan-Jin juga menulis ke Facebook untuk berterima kasih kepada Goh karena telah melayani bersamanya di Marine Parade dan menyebutnya seorang mentor yang hebat.(cna/ja/hm10)

Related Articles

Latest Articles