11.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Menhan Dipecat, Israel Rusuh

Tel Aviv, MISTAR.ID

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu meminta para pedemo tertib menyusul protes yang tengah berlangsung gegara pemecatan terhadap menteri Pertahanan Yoav Gallant.

Gallant dipecat karena memprotes rencana sistem peradilan oleh Netanyahu. “Saya meminta para pedemo di Yerusalem, di sisi kanan dan kiri, untuk bertanggung jawab dan tak melakukan tindak kekerasan,” kata Benjamin di Twitter, Senin (27/3/23).

Ia kemudian berujar, “Kita semua bersaudara.”

Belakangan, Israel tengah bergejolak usai Netanyahu berencana merombak peradilan. Di reformasi itu, ia bakal memberikan kendali lebih banyak kepada politisi dan mengurangi peran Mahkamah Agung.

Baca Juga:Para Petinggi Israel Pecah, Netanyahu Didesak Tunda Perombakan Sistem Peradilan

Netanyahu juga mengklaim rencana amandemen itu akan mengembalikan keseimbangan lembaga yudisial dan eksekutif Israel. Rencana tersebut ditolak sejumlah pihak mulai Menteri Pertahanan Yoav Gallat hingga Presiden Israel Isaac Herzog.

Gallant menilai, perombakan sistem peradilan berisiko terhadap keamanan negara. Imbas pertentangan itu, Netanyahu memecat Gallant.

Usai pemecatan itu, ribuan warga ramai-ramai menggelar protes di sejumlah kota termasuk Tel Aviv. Demo juga berlangsung di depan rumah Netanyahu, di Yerusallem. Para demonstran juga melakukan serangkaian aksi seperti membakar ban dan memblokade jalan.(cnnindonesia.com/hm01)

 

Related Articles

Latest Articles