17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Mengasingkan Diri 4 Tahun di London, Mantan PM Pakistan Nawaz Incar Jabatan

Islamabad, MISTAR.ID

Tiga bulan sebelum pemilihan umum di Pakistan, mantan Perdana Menteri (PM) Pakistan, Nawaz Sharif kembali dari pengasingan di London, Inggris. Dia sedang mencari masa jabatan keempat.

Perdana Menteri Pakistan yang menjabat selama tiga periode, kembali ke negara itu pada Sabtu (21/3/23), setelah empat tahun mengasingkan diri di London.

Dia pindah ke ibu kota Inggris pada tahun 2019 untuk berobat, yang mengakibatkan hukuman tujuh tahun penjara, dengan syarat dia kembali dalam keadaan sehat.

Baca juga : Mantan PM Pakistan Imran Khan Didakwa Membocorkan Dokumen Rahasia

Namun, dia tidak kembali ke Pakistan untuk menjalani hukumannya. Pria berusia 73 tahun, yang memimpin Partai Liga Muslim Pakistan Nawaz, atau PML-N, mengatakan bahwa tuntutan telah diajukan dan persidangan dilakukan dengan tergesa-gesa, dan bahwa hukuman serta pemenjaraannya dimotivasi oleh alasan politik.

Nawaz, yang dianggap sebagai salah satu politisi paling berpengaruh di Pakistan, tidak mengakhiri masa pemerintahannya dengan mulus.

Ia dipecat karena korupsi pada tahun 1993 sebelum kembali berkuasa pada tahun 1997, namun diberhentikan dua tahun kemudian atas perintah militer setelah berselisih dengan para jenderal.

Related Articles

Latest Articles