12 C
New York
Monday, May 13, 2024

Menangkis China, Taiwan Meluncurkan Kapal Selam Baru Buatan Dalam Negeri

Program kapal selam dalam negeri memanfaatkan keahlian dan teknologi dari beberapa negara – sebuah terobosan bagi Taiwan yang terisolasi secara diplomatis.

Berbicara kepada wartawan di Taipei, Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan bahwa menghadapi peningkatan ancaman dari taktik tekanan “zona abu-abu” militer Tiongkok di dekat pulau itu dengan aktivitas udara dan laut, Taiwan harus memperkuat pertahanannya.

“Memiliki kapal selam baru adalah salah satu strategi tersebut. Bagi siapa pun yang mempertanyakan strategi kapal selam Taiwan, saya akan menjadi pendukung paling kuat bagi Taiwan untuk memperoleh kapal selam karena hal itu diperlukan untuk mencegah terjadinya perang,” kata Wu.

Baca juga : 20 Jet Tempur China Terdeteksi Manuver di Selat Taiwan

Taiwan berharap bisa mengerahkan setidaknya dua kapal selam yang dikembangkan di dalam negeri pada tahun 2027, dan mungkin melengkapi model selanjutnya dengan rudal, kata kepala program tersebut.

Kapal selam pertama, dengan banderol harga T$49,36 miliar (Rp23,8 triliun) akan menggunakan sistem tempur buatan Lockheed Martin dan membawa torpedo kelas berat Mark 48 buatan AS.

Kapal ini akan memasuki uji coba laut bulan depan sebelum dikirim ke angkatan laut pada akhir tahun 2024.

Laksamana Huang Shu-kuang, penasihat keamanan Tsai yang memimpin program tersebut, menggambarkan kapal selam ini sebagai “pencegah strategis” yang juga dapat membantu menjaga “jalur kehidupan” pulau itu ke Pasifik dengan menjaga pelabuhan di sepanjang pantai timur Taiwan tetap terbuka. (tempo/hm18)

Related Articles

Latest Articles