11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Menangkis China, Taiwan Meluncurkan Kapal Selam Baru Buatan Dalam Negeri

Kaohsiung, MISTAR.ID

Taiwan meluncurkan kapal selam pertama hasil pengembangan dalam negeri sebagai langkah besar dalam proyek untuk memperkuat pertahanan pulau itu terhadap angkatan laut Cina, Kamis, 28 September 2023. Namun kapal tersebut baru akan memasuki layanan dua tahun mendatang.

Taiwan, yang diklaim Cina sebagai wilayahnya, telah menjadikan program kapal selam buatan dalam negeri sebagai bagian penting dari proyek ambisius untuk memodernisasi angkatan bersenjatanya ketika Beijing hampir setiap hari melakukan latihan militer untuk menegaskan kedaulatannya.

Presiden Tsai Ing-wen, yang memprakarsai rencana tersebut ketika menjabat pada 2016, memamerkan kapal selam pertama dari delapan kapal selam baru di kota Kaohsiung di selatan.

Baca juga : Taiwan Minta China Hentikan Aktivitas Militer

“Di masa lalu, kapal selam yang dikembangkan di dalam negeri dianggap sebagai tugas yang mustahil. Namun, saat ini, kapal selam yang dirancang dan diproduksi oleh rakyat negara kita sudah ada di depan mata kita,” kata Tsai, dan menambahkan bahwa kapal selam tersebut akan memainkan peran penting dalam memperkuat kekuatan angkatan laut dan kemampuan perang asimetris”.

“Bahkan jika ada risiko, dan tidak peduli berapa banyak tantangan yang ada, Taiwan harus mengambil langkah ini dan membiarkan kebijakan pertahanan nasional yang mandiri tumbuh dan berkembang di wilayah kami,” kata Tsai, sambil berdiri di depan kapal yang diberi nama Narwhal.

Bendera merah Taiwan dililitkan di haluan kapal selam.Tsai mengatakan Narwhal akan mulai beroperasi pada tahun 2025, bergabung dengan dua kapal selam yang dibeli dari Belanda pada tahun 1980-an.

Related Articles

Latest Articles