14.8 C
New York
Friday, October 4, 2024

Mantan Pegawai NSA Disebut-sebut Jual Informasi Rahasia AS ke Rusia

Washington, MISTAR.ID

Seorang mantan pegawai Badan Keamanan Nasional (NSA) dari Colorado pada Senin (23/10/2023) mengaku bersalah karena mencoba menjual informasi rahasia keamanan nasional ke Rusia.

Jaksa federal setuju untuk tidak menuntut Jareh Sebastian Dalke lebih dari 22 tahun penjara ketika dia dijatuhi hukuman pada April lalu. Ini jika Dalke mematuhi ketentuan kesepakatan pembelaan.

Namun, hakim pada akhirnya akan memutuskan hukumannya. Dilansir dari Guardian, Dalke, seorang veteran tentara berusia 31 tahun dari Colorado Springs, secara teknis menghadapi kemungkinan hukuman seumur hidup karena memberikan informasi kepada agen FBI yang menyamar.

Baca juga : Ingin Amerika Memimpin Dunia Melawan Hamas dan Rusia, Presiden Biden Usulkan Anggaran USD$100 Miliar

Agen itu, menurut jaksa penuntut Dalke, diyakini sebagai agen Rusia.Dalke mengatakan kepada agen tersebut bahwa dia ingin memicu perubahan setelah ada perbincangan terkait peran Amerika Serikat pada kerusakan dunia.

Dia juga mengatakan bahwa dia memiliki utang sebesar 237.000 dollar AS, menurut dokumen pengadilan. Dalke mengaku bersalah dalam sidang di hadapan hakim distrik AS Raymond Moore.

Dia juga mengaku telah meminum obat untuk penyakit mental selama ditahan kurang lebih sekitar satu tahun. Dalke dibayar 16.499 dollar AS dalam mata uang kripto tahun lalu untuk kutipan beberapa dokumen yang dia berikan kepada agen.

Related Articles

Latest Articles