21.4 C
New York
Sunday, August 11, 2024

Lima ‘Lawan’ Presiden Rusia yang Meninggal Misterius

2. Vladimir Kara Murza
Vladimir Kara Murza juga mengalami insiden yang sama. Ia dilaporkan sempat diracun tahun 2015. Berselang 2 tahun, mendadak Kara Murza sakit diduga akibat diracun. Dia merupakan salah satu tokoh yang aktif mengkritik pemerintah Rusia.

3. Alexander Litvinenko
Perkara Prigozhin mengingatkan publik akan mantan Badan Intelijen Rusia (FSB), Alexander Litvinenko. Dirinya sempat disebut pengkhianat dan tutup usia usai diracun memakai radioaktif polonium-210 di London pada 2006.

Inggris lalu melakukan penyelidikan terkait kasus ini. Dalam investigasi itu, Inggris menyebut Putin kemungkinan merestui  operasi pembunuhan itu, demikian dilansir dari Al Jazeera.

Baca juga: Parlemen Prancis Sepakati Wagner Group Sebagai Organisasi Teroris

4. Boris Nemtsov
Bekas perdana menteri dan kritikus terkemuka Putin ditembak mati di dekat Kremlin, ketika melintasi jembatan di atas Sungai Moskow.

Dilansir dari Deutsche Welle, saat itu 1 unit mobil stop di belakangnya dan 4 butir peluru menyusur ke punggung dan kepala Nemtsov. Tiga jam sebelumnya, Nemtsov mengecam Perdana Menteri (PM) Rusia tahun 1999-2000 itu melalui siaran radio.

5. Sergei Skripal
Mantan agen Rusia yang membocorkan rahasia negaranya ke Inggris, Sergei Skripal, bersama anaknya, Yulia meregang nyawa usai diracun saat berada di Salisbury, Inggris pada tahun 2018.

Baca juga: Prigozhin Tewas Kecelakaan Pesawat, Group Wagner Ultimatum Kremlin

Berdasarkan penyelidikan, pemerintah Inggris menyebutkan, keduanya diracun memakai zat saraf novichok dan pembunuh diduga dilakukan agen mata-mata Rusia. Namun, pihak Kremlin membantah tudingan itu. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles