18.8 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Ledakan Misterius Guncang Afrika Selatan 41 Orang Terluka Dua Kritis

Johannesburg, MISTAR.ID

Pada Rabu (19/7/23) waktu setempat, sebuah ledakan misterius terjadi di kota Johannesburg, Afrika Selatan, pada jam sibuk. Ledakan itu menghancurkan jalan utama dan melukai 41 orang. Menurut otoritas Afrika Selatan, penyebab ledakan masih belum diketahui.

Melansir dari AFP Kamis, (20/7/23) layanan penyelamatan awalnya menyalahkan pipa gas bawah tanah atas ledakan tersebut. Namun, perusahaan Gas Egoli kemudian mengatakan bahwa “tidak ada kemungkinan besar ledakan itu disebabkan oleh saluran atau kebocoran gas”.

Ledakan tersebut menghancurkan jalan aspal dan menjungkirbalikkan beberapa kendaraan, termasuk minibus.

Baca juga: Puluhan Warga Tewas Akibat Kebocoran Gas di Afrika Selatan

“Tidak ada kehilangan tekanan yang terjadi di jaringan kami, yang menunjukkan bahwa jaringan pipa gas masih utuh. Pelanggan kami di wilayah tersebut terus menerima gas tanpa gangguan,” kata Egoli Gas dalam sebuah pernyataan.

“Sungguh ajaib tidak ada korban jiwa,” kata Panyaza Lesufi, perdana menteri Provinsi Gauteng, yang meliputi Johannesburg dan Pretoria.

Lesufi mengatakan, 41 orang luka-luka, dua di antaranya dalam kondisi kritis, sembilan orang luka berat, dan 30 orang luka ringan. Dia mengatakan penyelidikan awal tidak dapat menentukan penyebab ledakan tersebut.

Baca juga: Wabah Kolera Melandah Afrika Selatan, 17 Dinyatakan Meninggal

“(Situasi) sepenuhnya terkendali,” katanya.

Dia mengatakan para ahli akan terus menyelidiki kasus tersebut dan membagikan hasilnya.

“Kerusakannya hebat. Situasinya buruk. Itu terjadi pada jam sibuk,” katanya. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles