18.9 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Korsel dan Amerika Serikat Latihan Militer, Pemimpin Korut Awasi Rudal Jelajah Staregis

Seoul, MISTAR.ID

Menjelang dimulainya latihan militer bersama antara Korea Selatan dan Amerika Serikat. Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, mengunjungi unit angkatan laut dan mengawasi uji coba rudal jelajah strategis, Senin (21/8/23).

Kim menginspeksi salah satu armadanya di Laut Timur, yang juga dikenal sebagai Laut Jepang, dan menyaksikan para kru melakukan latihan peluncuran “rudal jelajah strategis”, lapor kantor berita milik pemerintah, KCNA.

Dalam pemberitaan media setempat, dikabarkan bahwa latihan itu “bertujuan untuk menegaskan kembali fungsi tempur kapal dan fitur sistem misilnya dan membuat pelaut terampil dalam melakukan misi serangan dalam perang yang sebenarnya”

Baca juga: Militer China Merapat ke Singapura dan Laos

Tidak dikatakan kapan kunjungan itu dilakukan, atau diberikan rincian lebih lanjut tentang jenis rudal yang diluncurkan meskipun dikatakan mereka “dengan cepat mencapai sasaran bahkan tanpa kesalahan”.

Namun Seoul mengatakan laporan KCNA “dibesar-besarkan dan mengandung banyak perbedaan dari kebenaran”.

“Baik Korea Selatan dan Amerika Serikat telah memantau tanda-tanda terkait – yang kami deteksi sebelumnya – secara waktu nyata,” kata Kepala Staf Gabungan Seoul.

Pengumuman Korea Utara datang saat latihan Ulchi Freedom Shield tahunan, maksi latihan bersama antara Seoul dan Washington, dimulai Senin (21/8/23).

Baca juga: China Selesai Lakukan Latihan Militer, Pesawat Patroli Militer AS Melintas Selat Taiwan

Latihan, yang ditujukan untuk melawan ancaman yang berkembang dari Korea Utara yang bersenjata nuklir, akan berlangsung hingga 31 Agustus.

Pyongyang memandang latihan seperti itu sebagai latihan untuk invasi dan telah berulang kali memperingatkan akan mengambil tindakan “secara besar-besaran” sebagai tanggapan.

Polisi setempat juga menyebut, peretas Korea Utara yang dicurigai telah menargetkan latihan tersebut, dengan melakukan serangan email pada kontraktor Korea Selatan yang bekerja di pusat simulasi perang latihan gabungan sekutu.

Baca juga: Saat Negara Asean dan India Latihan Militer, Kapal Militer China Berseliweran

Sementara dari JCS menyebut, militenya akan terus mempertahankan postur kesiapsiagaan yang kuat melakukan latihan bersama dan pelatihan dengan intensitas dan ketelitian tinggi, dan mampu menanggapi setiap provokasi Korea Utara.

Related Articles

Latest Articles