30.5 C
New York
Sunday, July 7, 2024

Korea Selatan Gelar Parade Militer, Peringatkan Ancaman Nuklir Korut

Seoul, MISTAR.ID

Untuk kali pertama dalam hampir satu dekade, Korea Selatan menggelar parade militer berskala besar pada Selasa (26/9/23).

Dengan deretan persenjataan gahar mulai dari rudal balistik hingga tank canggih, Korsel berusaha menonjolkan kekuatan di saat negara itu tengah mengambil sikap tegas terhadap Korea Utara.

Parade menandai Hari Angkatan Bersenjata Korea Selatan, yang biasanya tidak meriah jika dibandingkan acara serupa yang diadakan Korea Utara di bawah kepemimpinan Kim Jong-un yang biasanya mencakup senjata-senjata strategis, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM).

Baca juga : Guru di Korea Selatan Tolak Perundungan Orangtua Murid

Dalam pidatonya di Pangkalan Udara Seoul, Presiden Yoon Suk-yeol memperingatkan Korea Utara agar tidak menggunakan senjata nuklir, dan berjanji untuk meningkatkan dukungan bagi militer dan industri pertahanan negara.

“Jika Korea Utara menggunakan senjata nuklir, rezimnya akan berakhir karena respons yang luar biasa dari aliansi Korea Selatan-AS,” kata Yoon saat berpidato di depan pasukan di bawah guyuran hujan.

Dikutip dari Channel News Asia, acara parade sehari penuh itu melibatkan ribuan tentara dan tank serta artileri self-propelled buatan Korea Selatan, yang diikuti 300 dari 28.500 tentara Amerika Serikat yang bermarkas di negara tersebut, kata Kementerian Pertahanan.

Related Articles

Latest Articles