18.4 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Komite Investigasi Rusia Klarifikasi Meninggalnya Bos Wagner

Moskow, MISTAR.ID

Komite Investigasi Rusia membenarkan meninggalnya bos Wagner dalam sebuah kecelakaan pesawat, Rabu (23/8/23) lalu. Bos Wagner dipastikan meninggal setelah melakukan analisis genetik resmi.

“Penyelidikan molekuler genetik telah selesai dilakukan sebagai bagian dari penyelidikan insiden pesawat di wilayah Tver,” kata Juru Bicara Komite Investigasi, Svetlana Petrenko, seperti yang diketahui dari laporan AFP, Senin (28/8/23).

Dari hasil analisis tersebut, diketahui identitas 10 korban telah diidentifikasi. Salah satu dari sembilan orang yang ada di dalam pesawat pribadi Embraer tersebut benar adalah Dmitry Utkin, yakni sosok yang diduga terlibat dalam intelijen militer Rusia.

“Sesuai dengan daftar penumpang yang ada, salah satunya dipercaya adalah sosok yang mengelola Wagner,” ungkapnya.

Baca juga: Drone Ukraina Mudah Terobos Moskow, Apa Rahasianya?

Akibat kecelakaan ini, banyak spekulasi yang mengatakan jika Kremlin terlibat dalam insiden ini. Sebab, jatuhnya pesawat terjadi dua bulan setelah kelompok Wagner terlibat dalam pemberontakan singkat terhadap kepemimpinan militer Moskow.

Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov membantah spekulasi tersebut. Sedangkan pihak Rusia tengah melakukan penyelidikan terkait pelanggaran hukum dalam penerbangan.

“Selama tahap awal penyelidikan, sepuluh jenazah korban ditemukan di tempat kejadian kecelakaan pesawat,” kata perwakilan Komite Investigasi Rusia melalui media sosial.

Baca juga: Drone Ukraina Hantam Moskow, Lukai Seorang dan Tunda Penerbangan

Selain itu, Komite Investigasi Rusia mengatakan, kotak hitam pesawat telah ditemukan di lokasi kejadian. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles