26.2 C
New York
Saturday, July 6, 2024

Kim Jong Un akan Bertemu Putin untuk Bahas Kerjasama Militer Lebih Erat

New York, MISTAR.ID

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un berencana melakukan perjalanan ke Rusia bulan ini untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Keduanya dilaporkan akan membahas kemungkinan penyediaan senjata untuk perang di Ukraina karena Rusia disebut sedang mencari hubungan militer yang lebih erat dengan Korut.

Dalam kunjungan luar biasa ini, Kim akan melakukan perjalanan dari Pyongyang, mungkin dengan kereta lapis baja, ke Vladivostok, di pantai Pasifik Rusia, di mana dia akan bertemu dengan Putin, seperti dilaporkan New York Times, Senin (4/9/23), mengutip sumber-sumber Amerika Serikat dan sekutu.

Baca Juga: Menhan Rusia Kunjungi Korut, Kim Jong Un Pamerkan Drone Paling Mutakhir

Menurut laporan surat kabar tersebut, seperti dikutip Reuters, selama berada di Vladivostok–kota pelabuhan yang tidak jauh dari Korea Utara–kedua pemimpin tersebut akan membahas pengiriman peluru artileri dan rudal antitank Korut ke Rusia sebagai imbalan untuk teknologi canggih Rusia dalam satelit dan kapal selam tenaga nuklir.

Pada saat Amerika Serikat mengungkapkan kekhawatirannya tentang hubungan militer yang semakin erat antara kedua negara itu, berita tentang rencana kunjungan Kim muncul usai Rusia mengatakan sedang membahas penyelenggaraan latihan militer bersama dengan Korut.

“Mengapa tidak, mereka adalah tetangga kita. Ada pepatah Rusia lama: Anda tidak memilih tetangga anda dan lebih baik hidup berdampingan dengan tetangga dalam perdamaian dan harmoni,” kata kantor berita Interfax yang mengutip Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, Senin kemarin.

Ketika ditanya tentang kemungkinan latihan bersama antara kedua negara tersebut, Putin mengatakan bahwa hal tersebut tentu saja sedang dibahas.

Related Articles

Latest Articles