25.4 C
New York
Sunday, August 4, 2024

Kerusuhan Inggris Meluas, Malaysia Minta Warganya Menjauh

Malaysia, MISTAR.ID

Warga negara Malaysia yang tinggal di Inggris diminta untuk waspada dan menjauhi kerumunan menyusul kerusuhan di sejumlah kota. Imbauan itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam rilis yang diunggah di akun resminya @MalaysiaMFA, Minggu (4/8/24).

Dalam imbauan itu, warga Malaysia yang tinggal atau bepergian ke Inggris diminta untuk menjauh dari area protes, tetap waspada, dan mengikuti informasi terkini serta panduan yang diberikan oleh otoritas setempat.

Kementerian Luar Negeri Malaysia juga meminta warga segera mendaftar ke Komisi Tinggi Malaysia di London untuk mendapat informasi terkini dan bantuan yang tepat waktu. Warga yang memerlukan bantuan konsuler bisa menghubungi Komisi Tinggi di Belgrave Square, London, atau melalui telepon +44 20 3931 6196/+44 20 7235 8033

“Kementerian Luar Negeri akan berusaha untuk terus memberi tahu publik tentang perkembangan terkini,” tulis imbauan tersebut.

Baca Juga : 2 Anak Tewas dan 9 Terluka Ditikam di Inggris, Raja Charles Terkejut

Inggris bergejolak karena serangkaian protes yang berujung rusuh di sejumlah wilayah. Menurut laporan AFP, kerusuhan dipicu rumor palsu soal latar belakang remaja berusia 17 tahun Axel Rudakubana yang dituduh melakukan penikaman massal di Southport, Merseyside.

Penikaman itu menyebabkan tiga bocah tewas dan 10 lainnya mengalami luka-luka. Mereka yang meninggal yakni Bebe King (6), Elsie Dot Stancombe (7), dan Alice DaSilva Aguiar (9).

Rumor palsu soal latar belakang terduga pelaku Rudakubana seorang Muslim beredar luas di media sosial. Narasi ini menjadi api sejumlah warga menggelar demonstrasi dan dimanfaatkan kelompok sayap kanan.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles