13.3 C
New York
Friday, May 10, 2024

Kedua Kalinya Xanana Gusmao Dilantik PM Timor Leste  

Timor Leste, MISTAR.ID

Sabtu (1/7/23), Xanana Gusmao kembali dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) Timor Leste untuk yang kedua kalinya.

Dilangsungkan secara terbuka, Xanana dilantik di Istana Presiden Timor Leste, Aitara Laran, Dili.

Dikutip dari sejumlah video streaming, pelantikan ditandai pembacaan sumpah Xanana dengan masa jabatan selama 5 tahun kedepan yang dipimpin Presiden, Ramos Horta.

Baca juga: Menang di Pemilu Parlemen, Xanana Gusmao Berpeluang Kembali Pimpin Timor Leste

Dilanjutkan pembacaan Dekrit Presiden mengenai pelantikan pemerintahan konstitusional ke IX di Republik Demokratik Timor Leste.

Sebelumnya, pria berusia 77 tahun ini merupakan Presiden pertama usai negara pecahan dari Indonesia itu merdeka pada tahun 2002-2007. Tokoh dalam referendum Timor-Timur itu juga pernah menjabat PM di tahun 2007-2015.

Xanana memiliki peran utama untuk mengarahkan dan memimpin referendum tersebut. Akhirnya rakyat Timor Leste memutuskan memilih untuk merdeka pada 2022.

Baca juga: Lakukan Pelecehan 12 Anak di Timor Leste, Pastor Divonis 12 Tahun Penjara

Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2023, partai yang dipimpin Xanana memenangkan suara terbanyak dalam pemilihan parlemen di negara itu.

Partai Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor (CNRT) meraih jumlah suara sebesar 42 persen. Dengan perolehan suara itu mengalahkan Partai Front Revolusi untuk Timor Leste Merdeka (Fretilin) pimpinan PM sebelumnya, Jose Maria Vasconcelos sebanyak 26 persen. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles